kegemukan/Boldsky.com
Health

Wah, Orang Gemuk di Seluruh Dunia Capai 641 Juta Orang

Newswire
Sabtu, 2 April 2016 - 13:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Lebih dari 640 juta orang di dunia saat ini kegemukan, demikian analisis global mengenai tren indeks massa tubuh alias BMI. Riset itu juga menyebutkan, dunia kini memiliki lebih sedikit orang yang kekurangan berat badan dibandingkan penderita kelebihan berat badan.

Artinya, makin banyak orang kegemukan alias obesitas di dunia ini. Hasil penelitian ini juga menunjukkan peningkatan mengejutkan terkait obesitas dalam kurun 40 tahun terakhir. Jumlah orang dengan indeks massa tubuh lebih dari 30, meningkat dari 105 juta orang pada 1975 menjadi 641 juta orang pada 2014. Juga ditemukan satu dari 10 pria dan satu dari tujuh wanita yang kegemukan alias obesitas. BMI dihitung dengan membagi berat badan seseorang dalam kilogram, dengan tinggi badan mereka dalam meter persegi, dan hasilnya akan menjadi indikasi mengenai kondisi berat badan seseorang.

Penghitungan BMI akan menunjukkan sebuah angka, yang mana lebih dari 25 berarti seseorang kelebihan berat badan, sementara lebih dari 30 menunjukkan orang tersebut kegemukan, dan lebih dari 40 berarti obesitas. "Saat ini jumlah orang yang berat badannya berpotensi menimbulkan gangguan yang serius bagi kesehatannya berada pada posisi tertinggi, dibanding tahun-tahun sebelumnya," kata Profesor Majid Ezzati, di sekolah kesehatan publik Imperial College London, Inggris.

"Dan epidemi mengenai kegemukan ini terlalu berat untuk dapat ditangani dengan obat-obatan, layaknya obat penurun tekanan darah atau perawatan diabetes, atau bahkan dengan menambah beberapa jalur sepeda," katanya menambahkan. Untuk membuat perbedaan nyata, Ezzati mengemukakan langkah-langkah global perlu dikoordinasikan, termasuk menentukan penetapan harga makanan sehat dibandingkan makanan yang tidak sehat, atau meninggikan pajak gula dan makanan olahan berat.

Namun, kekurangan berat badan akibat gizi yang rendah tetap menjadi masalah kesehatan yang serius bagi masyarakat pada daerah-daerah termiskin di dunia, tutur penulis penelitian yang menganalisis data berat dan tinggi badan dari hampir 20 juta orang dewasa di 186 negara. Di Asia Selatan, misalnya, hampir seperempat dari populasi kekurangan berat badan.

Di Afrika Tengah dan Timur, sekitar 12 persen wanita dan 15 persen pria berada dalam keadaan kekurangan berat badan. Penelitian yang diterbitkan Kamis (31/3), di The Lancet, suatu jurnal medis, melibatkanWHO dan lebih dari 700 peneliti di seluruh dunia. Selama empat dasawarsa terakhir ditemukan, rata-rata angka BMI laki-laki naik menjadi 24,2 dari 21,7, dan pada wanita meningkat menjadi 24,4 dari 22,1.

Hal ini setara dengan rata-rata penduduk dunia berat tubuhnya naik 1,5 kilogram setiap dekade, kata para peneliti. Para peneliti memperkirakan bahwa jika tren global mengenai BMI seperti ini terus berlanjut, sebanyak 18 persen pria dan 21 persen wanita, akan menjadi gemuk pada 2025.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro