Christophe Loviny/Mask9.com
Fashion

Fotografer Cristophe Loviny Gelar Pameran di Bentara Budaya

Atiqa Hanum
Kamis, 28 April 2016 - 23:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Festival Printemps Français 2016 yang diadakan Institut Prancis di Indonesia (IFI) menggelar pameran foto Aung San Suu Kyi, a portrait in words and pictures karya fotografer Prancis Cristophe Loviny pada 3-13 Mei 2016 di Bentara Budaya Jakarta.

Christophe Loviny adalah wartawan foto spesialis Asia Tenggara yang sejak 1983 bekerja di Myanmar sebagai koresponden majalah.

Pada 2008, bersama Institut Prancis di Myanmar, ia menggagas Yangon Photo Festival (YPF) dengan tujuan membentuk generasi baru wartawan foto dan membawa pameran foto internasional kepada publik Myanmar.

Aung San Suu Kyi, tokoh oposisi junta militer bersedia menjadi duta YPF. Dari sinilah Loviny mendapat kesempatan bertemu dan memotret perjalanan peraih Nobel Perdamaian tersebut serta menerbitkan buku yang bertajuk Aung San Suu Kyi, a portrait in words and pictures.

Selama kunjungannya ke Indonesia, Loviny memberi pelatihan "Photo Story & Multimedia" di Bandung, Surabaya, Yogyakarta dan Jakarta.

Sebelumnya di Jakarta pelatihan digelar bekerja sama dengan Galeri Foto Jurnalistik Antara dan sang kurator sekaligus wartawan foto Oscar Motuloh pada 18-24 April 2016.

Pelatihan diadakan untuk melatih fotografer muda Indonesia agar dapat mengangkat cerita dan pesan yang kuat serta bermakna dalam karya mereka, baik untuk media cetak maupun media sosial.

Pada 25 April 2016, hasil lokakarya fotografi jurnalisme tersebut dipresentasikan di IFI Jakarta dan dihadiri oleh Christophe Loviny dan Oscar Motuloh, Didier Vuillecot, Atase Kebudayaan Prancis, serta 10 fotografer muda Indonesia yang terpilih.

Ke-10 fotografet itu ialah Dwinda Nur Oceani dan Hana Sayyida (mahasiswi Universitas Islam Negeri Jakarta), Imas Fuji (mahasiswa Sastra Prancis UNJ), M. Zulkarnaen (mahasiswa Politeknik Media Kreatif Jakarta, Hafidz Mubarak (fotografer Antara), Rahmad Azhar, Ramjaneo Pasopati, Septianjar Muharam, Yuan Adriles, dan Zulfikar Iqbal (fotografer lepas).

Presentasi hasil pelatihan fotografi jurnalistik yang dilakukan Christophe Loviny dalam rangka Festival seni Prancis-Indonesia: Printemps Francais itu seakan memberi pengalaman baru dalam mengapresiasi karya foto jurnalistik.

Dalam karya-karyanya yang bertajuk Aung San Suu Kyi, a portrait in words and pictures, Christophe Loviny memadukan foto-foto Aung San Suu Kyi yang sangat menyentuh dengan potongan foto, naskah dan kutipan kata-kata bijak dari sang Lady of Rangoon itu sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Atiqa Hanum
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro