Wanita hamil/telegraph.co.uk
Health

Berapa Kadar Zat Besi Yang Dibutuhkan Ibu Hamil?

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 8 Mei 2016 - 08:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Jika Anda seorang wanita hamil, Anda mungkin sering mendengar orang memastikan bahwa Anda makan dengan baik, beristirahat dengan baik. Mereka jugaakan memberitahu Anda bahwa mulai sekarang Anda harus makan untuk dua orang! Benarkah? Yah, itu sebagian adalah fakta, seperti yang Anda butuhkan lebih banyak lagi nutrisi ketika Anda sedang hamil, dari yang Anda lakukan sebelumnya, untuk menjaga diri dan bayi Anda sehat.

Sementara disarankan mengonsumsi diet yang sehat dan seimbang selama kehamilan dan menghindari makan berlebihan, Anda juga harus memastikan bahwa Anda mendapatkan cukup makanan untuk menjaga bayi Anda dengan gizi yang baik, sebagai nutrisi yang Anda asup untuj bayi Anda yang belum lahir Banyak calon ibu, yang mengikuti diet yang tidak sehat, rentan terhadap berbagai komplikasi kesehatan yang mungkin mempengaruhi mereka dan bayi mereka.

Jika wanita tidak mendapatkan cukup nutrisi, kemungkinan keguguran, berat badan lahir prematur, cacat lahir pada bayi, mungkin terjadi. Makanan kaya besi sangat penting bahwa seorang wanita hamil. Calon ibu juga wajib berkonsultasi dengan dokter tentang apa vitamin dan nutrisi yang diperlukan untuk tetap sehat. Seiring dengan nutrisi seperti vitamin C, vitamin B, asam folat, zat besi juga merupakan salah satu nutrisi utama yang dapat ditambahkan ke diet wanita hamil, untuk menjaga dirinya dan juga kesehatan bayinya.

Mengapa Zat Besi Penting Selama Kehamilan?

Besi adalah komponen kunci yang membantu dalam pembentukan sel darah merah yang sehat dan hemoglobin. Hal ini penting bagi setiap individu, terlepas dari kehamilan. Namun, ketika hamil, studi menyatakan bahwa, seorang wanita perlu dua kali lipat jumlah normal zat besi. Para ahli mengatakan bahwa jumlah darah dalam tubuh wanita hamil meningkat selama kehamilan, dalam rangka mendukung pertumbuhann bayinya.

Oleh karena itu, jumlah tambahan zat besi diperlukan untuk menjaga produksi sel darah merah yang sehat. Makanan kaya zat besi mencegah kondisi seperti anemia, yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil, sehingga membuat dia dan bayinya lebih rentan terhadap gangguan. Selain itu, zat besi juga dibutuhkan untuk membuat plasenta, yang melindungi bayi dalam kandungan, sehat.

Kekurangan zat besi juga diketahui menyebabkan kondisi seperti kelahiran prematur, berat badan lahir rendah. Ahli kandungan berpendapat bahwa wanita hamil membutuhkan sekitar 27 mg zat besi per hari untuk menjaga kesehatan optimal. Orang hamil bisa membuat makanan kaya zat besi tertentu bagian dari diet sehari-hari. Misalnya, bayam, ayam, daging sapi, kismis, kacang merah, kacang kedelai. Calon ibu juga bisa mengonsumsi suplemen zat besi, diambil dalam bentuk kapsul atau tonik, yang bisa diresepkan oleh dokter

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : timesofindia.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro