Ilustrasi/Premierptny
Fashion

TIPS SEHAT: Begini Cara Lari Benar dan Aman

Atiqa Hanum
Minggu, 22 Mei 2016 - 13:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—PT Amerta Indah Otsuka, produsen minuman isotonik Pocari Sweat, menggelar ajang lari tahunan, Pocari Sweat Run 2016 untuk mengedukasi masyarakat mengenai cara berlari yang benar dan aman.

Head of Marketing Pocari Sweat Daniel Pieter mengungkapkan pihaknya berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga pola hidup sehat dengan berolahraga. Selain itu, juga untuk mengedukasi peserta bagaimana melakukan lari yang benar dan aman.

Kami menginisiasinya dalam bentuk Community Run Clinic dan Pocari Sweat Sport Science Camp, dimana peserta kegiatan dibekali dengan pengetahuan mengenai cara dan teknik berlari yang benar, mulai dari persiapan, pemanasan, pengetahuan akan nutrisi, hingga pencegahan dan penanganan cidera yang dijelaskan oleh orang berkredibel,” jelasnya dalam siaran pers, Minggu (22/5/2015).

Pocari Sweat Run, lanjutnya, digelar di tiga kota besar di Indonesia yakni Medan, Surabaya dan Jakarta. Khusus untuk Jakarta, kami menambahkan kategori baru selain 5K dan 10K, yaitu kategori Half Marathon.

Matias Ibo, fisioterapis, Sport Medicine Expert dari Pocari Sport Science memaparkan lari merupakan olahraga yang dapat dilakukan oleh semua orang, mudah dan tidak membutuhkan perlengkapan yang rumit.

Namun, seringkali orang abai dengan cara berlari yang benar, seperti tidak melakukan pemanasan terlebih dulu, penggunaan sepatu yang tidak sesuai, teknik berlari yang kurang tepat serta kurangnya asupan cairan saat berlari.

Menurutnya, berbagai dampak bisa muncul jika pelari mengalami dehidrasi, mulai dari kelelahan, penurunan performa, kejang otot, heat strokehingga pingsan. Dehidrasi yang ekstrim bahkan dapat menyebabkan kematian. Untuk menghindari hal tersebut, penting untuk menggantikan ion tubuh yang hilang ketika berolahraga.

Kehilangan 2% cairan tubuh dari berat badan akan mengurangi performa menjadi 90%. Untuk itu minum juga harus deprogram, baik sebelum, sesaat dan sesudah berlari, untuk mencegah dehidrasi pada tubuh,” bebernya.

Seperti diketahui, Pocari Sweat Run 2016 tidak hanya diselenggarakan di Jakarta, namun juga di Medan dan Surabaya, dengan dua kategori lomba yaitu 5K dan 10K dan menjadi ajang lari kompetitif pertama di kota tersebut.

Pocari Sweat Run 2016 di Medan berlangsung pada 3 April 2016 yang diikuiti oleh 1.500 peserta. Sementara itu, Pocari Sweat Run 2016 di Surabaya diikuti oleh 2.500 peserta dan telah diselenggarakan pada 24 April 2016.

Penyelenggaraan Pocari Sweat Run 2016 yang didukung oleh Adidas, Maybank, Garmin, dan Gold’s Gym ini diharapkan dapat menjadi sarana edukasi yang efektif bagi masyarakat luas mengenai cara berlari yang benar dan aman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Atiqa Hanum
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro