Anak dan orangtua/ilustrasi
Relationship

Sejam Bermain Bersama Anak Tingkatkan Kebahagiaan Ibu & Ayah

JIBI
Senin, 30 Mei 2016 - 16:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Survei Indonesian Nutrition Association menyebutkan bermain bersama anak selama satu jam dapat meningkatkan kebahagiaan ibu dan ayah secara signifikan.

Hal ini diungkapkan oleh Gusti Kattani Maulani, Brand Manager Lactogrow di Kelapa Gading, Jakarta Timur.  Survei ini dilakukan terhadap 300 keluarga inti yang mengunjungi Happy Winter Land di Jakarta, Surabaya, dan Makassar.

"Keluarga yang yang telah menghabiskan waktu bersama dalam kegiatan tersebut merasa bahwa hubungan mereka dengan anak menjadi kuat, kompak dan harmonis," ungkap Gusti, Sabtu (28/5/2016).

Wanita, yang akrab disapa Lani, ini menjabarkan tiga hal yang membuat kegiatan bermain bersama anak dapat meningkatkan rasa bahagia.

 "Di situ ada ayah dan ibu, mereka saling membantu membangun kebersamaan bersama anak. Mereka melakukan aktifitas bersama," kata Lani. 

Kedua, ketika mereka bermain bersama maka komunikasi akan terjalin. "Misalnya, saat mereka membuat snowman bersama. Anak minta saran, bantuan, dan orang tua harus membantu, memuji," lanjut Lani. 

Selanjutnya, anak, ibu dan ayah akan merasa lebih dekat dan lebih nyaman bersama karena adanya jalinan komunikasi tersebut. 

Hal ini juga disetujui oleh psikolog Rini Hildayani. Sebagai salah satu peneliti survei tersebut, mengungkapkan, "penting bagi ayah dan ibu untuk saling bekerja sama dalam memperbanyak onteraksi dengan anak yang melibatkan komunikasi serta sentuhan fisik." 

Namun, Rini menambahkan, konteks bermain juga harus diperhatikan. "Dalam bermain ada syaratnya, pertama harus ada emosi positif dari semua pihak, enggak boleh ada yang nangis," katanya. 

Selain itu, orang tua dan anak juga harus aktif saat berkegiatan. "Tak harus fisik tapi juga mental. Misal membacakan cerita, anak akan membayangkan apa yang dibicarakan," tambah Rini. 

Terakhir, orangtua juga wajib mendampingi, memotivasi, dan memfasilitasi ide anak kecuali jika anak tidak memiliki ide permainan.

"Di sinilah peran orangtua untuk memperkenalkan beberapa kegiatan positif,"  ujar Rini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro