Ilustrasi/boldsky.com
Kuliner

SENI FOTOGRAFI: Tips Foto Hidangan Tampil Menggiurkan

Azizah Nur Alfi
Rabu, 1 Juni 2016 - 07:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Aktivitas memotret makanan kemudian mengunggah di media sosial, sudah menjadi tren belakangan ini.

Aktivitas ini bukan lagi pekerjaan seorang food photographer, tetapi menjadi rutinitas wajib sebelum menyantap hidangan. Anda juga dapat menciptakan foto hidangan cantik nan menggiurkan.

"Menjadi food photographer bisa dipelajari, bukan terbatas pada talenta yang dimiliki seseorang," tutur food photographer profesional, Fellexandro Ruby, saat hadir dalam Story on A Plate yang diselenggarakan Fonterra Indonesia.

Ruby memberikan beberapa tips bagi pemula untuk menghasilkan gambar dengan kualitas yang baik dan menarik. Berikut tipsnya:

Berteman dengan jendela. Jendela menjadi tempat yang terbaik untuk mengambil gambar. Sebab, tempat ini menyediakan cahaya alami.

"Jendela yang asik ditambah cahaya yang cukup, sudah mengurangi setengah pekerjaan kita," tuturnya.

Arah cahaya: kiri, kanan, dan belakang. Pastikan mengambil gambar makanan dengan melihat arah cahaya kiri, kanan, atau belakang. Sebab, pencahayaan terbaik datang dari arah tersebut.

"Cahaya dari depan tidak bagus. Hasil fotonya bisa terlalu putih dan terang," katanya.

Jangan paksakan untuk gambar terlalu terang.

"Warna apapun kalau dipaksakan jadi terang sekali akan jadi warna putih. Agak gelap sedikit lebih baik daripada over," katanya.

Gunakan garis-garis cinta. Pastikan letak hidangan berada di pertemuan garis horizontal dan vertikal layar. Dalam satu layar ada dua garis horizontal dan dua garis vertikal.

"Jika diletakan di tengah akan membosankan. Dengan garis-garis cinta akan menciptakan variasi gambar yang beragam," imbuhnya.

Berikan ruang kosong dalam gambar tersebut. Cara ini juga akan memperjelas objek foto yang menjadi pusat perhatian.

Rajin eksplorasi. Ruby menyarankan untuk terus berlatih dan mengeksplorasi setiap hidangan. Sebab, setiap hidangan memiliki angle terbaiknya masing-masing, seperti angle topshoot dan 45 derajat. Mengubah angle bisa mengubah pesan yang ingin disampaikan.

Tidak semua hidangan akan tampil cantik nan lezat saat difoto. Maka, Rubi menyarankan agar bijak memilih menu.

"Manfaatkan waktu makan siang (untuk mengambil gambar). Malam hari akan lebih sulit, apalagi jika hanya menggunakan handphone," sarannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro