Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

TIPS KARIR: Perubahan yang Harus Dilakukan Fresh Graduate Saat Mencari Pekerjaan

Bagi Anda yang baru saja selesai kuliah, Anda harus menyadari bahwa hidup ini penuh dengan perubahan dan tantangan dalam menghadapi dunia kerja.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 06 Juni 2016  |  09:21 WIB
TIPS KARIR: Perubahan yang Harus Dilakukan Fresh Graduate Saat Mencari Pekerjaan
Mencari pekerjaan - rifemagazone.co.uk

Bisnis.com, JAKARTA- Bagi Anda yang baru saja selesai kuliah, Anda harus menyadari bahwa hidup ini penuh dengan perubahan dan tantangan dalam menghadapi dunia kerja.
Pasalnya, kehidupan saat masa kuliah itu berbeda dengan masa kerja. Banyak hal yang mesti Anda ubah demi mencapai pekerjaan yang diinginkan. Mulai hidup lebih mandiri dan teratur dalam menjalani aktivitas keseharian, sehingga ketika memulai kerja, Anda bisa lebih disiplin.

Berikut beberapa tips yang harus dilakukan fresh graduate pasca lulus kuliah demi mendapatkan pekerjaan impian seperti dilansir timesofindia.com:

Atur jadwal keseharian

Anda tidak bisa lagi menekan tombol snooze pada alarm dan bermalas-malasan di atas tempat tidur. Tidur cukup akan menjadi prioritas. Dan waktu untuk bersantai adalah saat akhir pekan saja, ketika Anda ingin melakukan hobi atau bertemu dengan sahabat Anda.

Ubah gaya busana

Mulai memilih jenis pakaian yang dikenakan. Jauhi kebiasaan memakai kaus oblong dan celana jeans sobek yang biasa Anda pakai ke kampus. Saat memasuki masa kerja, penampilan akan menentukan kualitas dan pandangan orang lain pada Anda.

Kelola keuangan

Jika selama ini Anda mengandalkan orang tua untuk mendapatkan uang saku, kini saatnya memikirkan bagaimana cara menghasilkan uang dari hasil keringat sendiri. Bila belum bekerja, lakukanlah kegiatan yang menghasilkan. Misalnya fotografi yang menghasilkan uang, dan hindari sifat royal yang menghabiskan uang untuk hal tidak penting.

Kenali keahlian dan kemampuan

Sebelum memulai pekerjaan dan menjalani sebuah profesi, sebaiknya Anda mulai mengenali keahlian dan kemampuan Anda. Sehingga akan memudahkan Anda untuk menentukan jenis pekerjaan apa yang akan dilakoni. Menjalankan profesi atau pekerjaan sesuai dengan keahlian dan kemampuan selain dari minat memudahkan Anda melaksanakan tugas tanpa merasa terbebani.

Anda perlu mengenali dan fokus pada keterampilan Anda sendiri daripada membandingkan diri dengan orang lain.

Menemukan Pekerjaan yang tepat

Mencari dan menemukan pekerjaan yang tepat sesuai dengan minat, kemampuan dan keahlian Anda adalah hal yang cukup sulit. Karenanya Anda harus rajin mencari dari berbagai sumber. Mulai dari informasi rekan dan kerabat, kemudian mencari melalui informasi internet, atau melalui bursa kerja yang banyak digelar.

Perubahan gaya hidup

Banyak yang akan memberitahu Anda bahwa hidup antara sekolah dan pekerjaan akan sangat jauh berbeda. Salah satunya adalah akan ada banyak perubahan dalam jadwal harian Anda. Kesibukan Anda akan jauh berbeda. Jika dulu Anda hanya sibuk mengerjakan tugas kampus, namun saat bekerja tugas menumpuk dengan deadline ketat akan terus membayangi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Tips Karir

Sumber : timesofindia.com

Editor : Mia Chitra Dinisari

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top