Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Akankah Tren Bibir Metalik Menggantikan Bibir Matte?

Sejak musim panas tahun lalu, dunia fesyen kecantikan digebrak dengan kebangkitan tren riasan lipstik berwarna berani
Wike Dita Herlinda
Wike Dita Herlinda - Bisnis.com 06 Agustus 2016  |  13:03 WIB
Akankah Tren Bibir Metalik Menggantikan Bibir Matte?
Ilustrasi - Sheknows

Bisnis.com, JAKARTA-Sejak musim panas tahun lalu, dunia fesyen dan kecantikan digebrak dengan kebangkitan tren riasan bibir nan berani (bold lips). Tren tersebut meledak di seluruh dunia seiring dengan ketenaran produk lipstik cair bertekstur matte yang laris manis di pasaran.

Lipstik cair matte menjadi sangat populer, salah satunya berkat tren bibir tebal yang diusung oleh sosialita Kylie Jenner. Kini, hampir setiap label kosmetik telah memproduksi lipstik cairmatte, dan diklaim sebagai item paling laris dari seluruh rangkaian koleksi mereka.

Tahun lalu lipstik cair matte menjadi sebuah inovasi baru yang mengubah arah bisnis industri kecantikan. Pengemasannya serupa lip glosskonvensional, tapi teksturnya akan berubah layaknya lipstik matte  yang kering dalam hitungan menit setelah dipulas ke bibir.

Lipstik cair matte memiliki pigmen yang sangat pekat, sehingga warna yang dihasilkan akan terlihat sangat berani di bibir. Karena sifatnya yang sangat bolditulah, pada awalnya yang banyak digemari untuk lipstik cair adalah warna aman seperti nude, beige, taupe, dan merah.

Namun, perlahan-lahan preferensi konsumen mulai berubah. Beberapa produsen lipstik cair matte—seperti Jefree Star Cosmetics atau Lime Crime—mulai menawarkan variasi warna yang tidak lazim untuk bibir, seperti abu-abu, biru, hijau, hitam, kuning, dan bahkan putih.

Di luar dugaan, warna-warni neon eksentrik tersebut ternyata laris di pasaran. Semakin banyak penggemar kosmetik yang berani memakai lipstik cair dengan kelir yang mencolok, kontras, dan tidak lazim untuk menonjolkan karakter dan citra kebebasan dalam fesyen.

Akibatnya, semakin banyak pula produsen lipstik cair yang menawarkan seleksi palet warna a la krayon. Di banyak negara, bukan hal aneh jika Anda melihat seseorang memakai lipstik biru langit saat jalan-jalan ke mal, atau lipstik kuning pucat saat ke pantai.

Bersamaan dengan semakin banyaknya orang yang menggilai tren bold lipstersebut, mulai banyak pula produsen yang mencoba melempar tren baru ke pasar, yaitu; lipstik cair bertekstur mattedengan warna-warni metalik (metallic matte liquid lipstick).

OBSESI BERKILAUAN

Booming lipstik metalik sendiri baru muncul awal tahun ini, dan tumbuh bersamaan dengan obsesi baru di dunia kecantikan. Obsesi terhadap segala sesuatu yang berkilauan, mulai darihighlighter, eye shadow, hingga bibir.  

Penata rias profesional Citra Adityana dari Puspita Martha International Beauty School menjelaskan jika beberapa waktu lalu kebanyakan orang tergila-gila pada segala sesuatu yang cenderung matte, sekarang ini tren tata rias mulai bergeser ke arah glowy.

Dia menambahkan segala produk kecantikan yang mengandung glitter, shimmer, dan highlight laris manis di pasaran. “Tidak terkecuali lipstik metalik. Di Indonesia tren ini memang belum booming, karena kita masih tertinggal pada tren lipstik cair matte,” katanya.

Padahal, di banyak negara, lipstik metalik telah membanjiri konter-konter kosmetik di manapun. Banyak merek yang sudah mengeluarkan produk lipstik metalik, seperti MUA Luxe, Dose of Colors, Wet N Wild, Kylie Cosmetics, Milani, Colourpop, dan Too Faced.

“Lipstik metalik memiliki keunikannya sendiri. Meskipun teksturnya matte, warnanya yang sangat mengkilap bagaikan permukaan logam bisa membuat pemakainya menjadi pusat perhatian dalam sekejap,” imbuh Citra.

Menurutnya, penggunaan lipstik metalik cocok jika dikombinasikan dengan teknikstrobing pada riasan wajah. Jika tidak ingin terlihat terlalu berlebihan, Anda dapat ‘meredam’ tampilan lipstik metalik dengan memakai riasan mata berpalet netral.

Sama seperti lipstik cair mattekonvensional, lipstik metalik tersedia di pasaran dalam berbagai seleksi warna, mulai dari yang ‘aman’ hingga yang ‘berani’. Beberapa warna dasar lipstik metalik yang paling laris a.l. merah, magenta keunguan, biru, dan hitam.

Biasanya warna-warna dasar itu dipadukan dengan bahan kilap berwarna lain untuk mendapatkan hasil metalik menyerupai permukaan logam. Misalnya, warna dasar merah dengan kilauan emas, hitam dengan kilauan perak, atau magenta dengan kilauan ungu.

Anda dapat memilih lipstik metalik sesuai dengan karakter. Bagi penyuka gaya glamor dan elegan bisa memilih lipstik metalik berwarna dasar merah atau berry. Bagi yang ingin tampil aman, bisa memilih yang cenderung nude.

Namun, jika Anda ingin tampil all outdengan lipstik metalik, cobalah warna-warni berani seperti hitam atau biru tua. Jika dikombinasikan dengan riasan yang pas, warna-warni tersebut justru akan membuat penampilan lebih edgy dan seksi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bibir make up
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top