Indonesia menari/youtube
Show

Indonesia Menari Kembali Digelar

Lucky Leonard
Senin, 21 November 2016 - 02:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Galeri Indonesia Kaya persembahan Bakti Budaya Djarum Foundation kembali mengajak masyarakat Indonesia untuk lebih dekat dengan tarian tradisional yang dikemas secara modern dalam Indonesia Menari 2016. Acara tahunan yang digelar untuk ke 5 kalinya ini dilakukan serentak di 8 titik indoor yang tersebar di mall Grand Indonesia, Jakarta.

Sebanyak 1.500 orang yang terdiri dari perorangan, berbagai komunitas anak muda, sanggar-sanggar tari dan komunitas pecinta tari, sekolah dan universitas di Jakarta menari bersama dan menunjukkan kemampuan mereka dalam memperebutkan total hadiah senilai Rp 150 juta. Tidak hanya penari, Indonesia Menari 2016 ini juga diikuti oleh masyarakat dari berbagai profesi, seperti perawat, engineer, fisioterapis hingga analis maskapai penerbangan.

"Kami melihat Indonesia Menari adalah kegiatan positif yang perlu dijalankan secara konsisten setiap tahunnya untuk mengajak berbagai jenis elemen masyarakat menari bersama sebagai bentuk nyata kepedulian pada budaya Indonesia, khususnya tarian," ujar Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation Renitasari Adrian di Jakarta, Minggu (20/11/2016).

Indonesia Menari 2016 dilangsungkan dengan bentuk tarian massal dengan koreografi yang menggabungkan beberapa gerakan tari tradisional nusantara dan tarian modern dengan durasi 4 menit yang diiringi musik aransemen Pongky Prasetyo yang menggabungkan lagu daerah dari Sumatera Utara (Siksik Sibatumanikan), Kalimatan Selatan (Paris Berantai), Papua (Sajojo), Betawi (Jali-Jali), Bali (Janger) dan Sulawesi Utara (Poco-Poco).

Tahun ini, koreografi Indonesia Menari 2016 dikonsep oleh Takako Leen, principal dancer Eksotika Karmawibhangga Indonesia (EKI) Dance Company membawakan genre tari yang terbilang modern namun tetap menyisipkan sentuhan budaya Indonesia ke dalam kreasi tari.

Acara ini juga diramaikan dengan para pekerja seni yang memiliki latar belakang profesi yang berbeda-beda seperti seperti Tatjana Saphira, aktris; Mario Ginanjar, penyanyi; Asmara Abigail, aktris; Brando Salim, aktor; dan Ufa Sofura, penari. Para pekerja seni ini juga turut menari bersama dalam kemeriahan Indonesia Menari 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Lucky Leonard
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro