Ilustrasi/Gurl.com
Relationship

Jangan Lakukan Hal berikut di Media Sosial Saat Putus Cinta

Newswire
Selasa, 24 Januari 2017 - 07:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-Putus cinta bukan hal mudah, namun tantangannya berlipat ganda pada era media sosial ini. Dengan adanya Facebook, Snapchat dan Instagram, kehadiran sang mantan kerap muncul dalam linimasa. Jadi, apa yang harus dilakukan ketika putus?

Bagaimana dengan status hubungan di Facebook? Bagaimana dengan foto-foto mesra yang terlanjur diunggah? Apakah harus unfriend dan unfollow? Berikut panduan mengenai apa yang tidak boleh dilakukan di media sosial saat putus, seperti dilansir Independent.

1. Status hubungan

Jika Anda adalah orang yang buru-buru mengganti status di Facebook saat baru jadian, Anda mungkin menyesali hal itu. Mengganti status hanya satu jam setelah putus adalah hal yang tidak sensitif. Tapi, terlalu lama menunggu membuatmu terlihat seperti ingin rujuk lagi. Untungnya Facebook tidak lagi menginformasikan kepada semua teman mengenai statusmu, apalagi Anda juga punya pilihan untuk menyembunyikan status agar tidak terlihat di profil.

Selain itu, jika Anda mengubah status menjadi "single" atau "bercerai", Facebook memberi pilihan untuk "take a break" dari mantan, jadi Anda tidak perlu melihat banyak eksistensi mereka di linimasa, serta Anda juga membatasi sejauh mana seseorang bisa melihat postingan Anda.

2. Unfollow atau unfriend?

Saat Anda berusaha move on, sungguh tidak membantu melihat wajahnya selalu muncul di linimasa. Anda bisa berusaha mengurangi hal itu dengan pilihan yang tersedia. Facebook punya fitur untuk menyembunyikan unggahan terbaru dari seseorang di linimasa sehingga Anda tidak perlu unfriend si mantan. Di Twitter, ada fitur mute yang membuat Anda tak perlu melihat cuitan si dia.

3. Hati-hati mengunggah sesuatu

Media sosial memang sarana menyenangkan untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan, tapi jangan membuat status seperti "TAK PERNAH MERASA SEBAHAGIA INI" tak lama setelah putus. Hindari juga menulis kutipan pasif-agresif di Instagram yang penuh kode menyakitkan untuk si mantan.

4. Foto bersama

Sebelum ada media sosial, Anda bisa membuang atau membakar foto-foto dengan mantan pacar tanpa ada seorang pun yang tahu. Namun, saat ini foto-foto mesra bisa dilihat siapa saja di akun Instagram atau Facebook Anda. Jadi, apa yang harus dilakukan? Tidak usah menghapus apa-apa, ganti saja pengaturan untuk Timehop dan Facebook memories, cukup untag si dia dari foto-foto yang baru diunggah.

5. Jangan jadi penguntit siber

Kepo dengan apa yang dilakukan si mantan bukanlah ide bagus. Menguntit via media sosial justru bisa membuat Anda semakin sakit hati. Misalnya, membuat kesimpulan sendiri setelah melihat fotonya bersama orang lain yang belum pernah Anda kenal. Atau mengira dia sudah tidak ambil pusing karena mengunggah foto sedang tertawa di sebuah pesta, padahal mungkin saja sebenarnya dia sedang mengunci diri di kamar untuk menangis sepuasnya.

Di Instagram, ada kemungkinan jari Anda tak sengaja memencet tombol "like". Gara-gara jempol yang terpeleset, mantan mendapat notifikasi bahwa Anda baru saja menyukai fotonya yang diunggah empat tahun lalu. Tentu saja, hal yang paling penting adalah menyibukkan diri, berinteraksi dengan orang-orang terkasih, dan mungkin rihat dulu dari media sosial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis : Newswire
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro