Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kenapa Perut Anda Selalu Merasa Lapar? Ini Penjelasannya

Rasa lapar berlebih, mungkin juga pernah Anda sadari sehingga membuat keinginan untuk melahap semua makanan di depan mata muncul.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 21 Maret 2017  |  11:45 WIB
Ilustrasi lapar - Istimewa
Ilustrasi lapar - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA- Rasa lapar berlebih, mungkin juga pernah Anda sadari sehingga membuat keinginan untuk melahap semua makanan di depan mata muncul.

Ada juga mereka yang merasa selalu lapar, padahal berniat mengurangi makan untuk mencapai berat badan yang ideal alias diet.

Banyak orang yang tengah berdiet justru merasa heran kenapa rasa lapar mereka cenderung lebih tinggi dan sering saat berniat diet. Sehingga banyak orang diet menganggap makanan yang ada di sekitarnya sebagai godaan.

Rasa lapar yang terus menerus dirasakan seseorang bisa terjadi karena beberapa hal berikut ini, seperti dilansir timesofindia.com

1. Merasa haus
Tubuh manusia terdiri dari 70% air, sehingga kebutuhan kandungan air itu sebenarnya harus terpenuhi setiap harinya dengan ideal minum 8 gelas sehari.
Jika kebutuhan tersebut tidak terpenuhi, maka yang muncul bukan hanya rasa haus atau juga kemungkinan dehidrasi, tapi juga rasa lapar yang Anda pikir karena kurangnya asupan makanan, padahal sebenarnya Anda juga kekurangan cairan

2. Tidak tidur cukup
Tidur dalam semalam harus delapan jam sehari. Jika tidak, maka Anda akan merasa lelah dan lemah sepanjang hari. Akibatnya Anda merasa ingin makan dan lapar untuk menambah energi tubuh yang sebenarnya terjadi karena kurang tidur

3. Stres
Stres memicu rasa lapar, karena pikiran butuh sesuatu hal untuk mengalihkan dari pikiran khawatir yang timbul dari stres. Sehingga banyak orang melampiaskan stres dengan cara makan, dan mengganggap makanan bisa membuat lepas dari stres

4. Melewati waktu makan
Lambung Anda membutuhkan asupan makanan yang cukup setiap harinya. Jika Anda terbiasa makan teratur dan kemudian melewatkan satu waktu saja, maka akan membuat kerja lambung bisa terganggu.
Hal itu bisa membuat pencernaan Anda bermasalah, dan asam lambung meningkat. Selain itu juga rasa lapar akan meningkat ketika Anda tidak makan di waktu yang semestinya

5. Makan terlalu cepat
Rasa lapar bisa terjadi ketika Anda makan terlalu cepat. Hal itu terjadi karena proses pencernaan tubuh juga akan lebih cepat, sehingga makanan akan lebih cepat terserap tubuh.

6. Makan terlalu sedikit
Ketika Anda makan sedikit, kebutuhan ideal tubuh akan asupan makanan tidak terpenuhi, karena itulah Anda akan cepat merasa lapar lagi.

7. Tubuh kekurangan lemak dan protein
Tubuh butuh lemak dan protein untuk mendapatkan energi yang cukup untuk beraktivitas. Ketika
kebutuhan itu tidak terpenuhi dengan baik, maka tubuh akan memberi sinyal rasa lapar yang cenderung terus menerus.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perut lapar

Sumber : timesofindia.com

Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top