Frisian Flag Indonesia Luncurkan Kampanye Pentingnya Meminum Susu

Dalam rangka mengampanyekan pentingnya meminum suus, Frisian Flag Indonesia (FFI) meluncurkan kampanye bertajuk 'Saatnya Keluarga Minum Susu Sekarang!' yang mengajak keluarga Indonesia untuk minum susu secara rutin, Senin (20/3).
Ramdha Mawaddha | 21 Maret 2017 10:19 WIB
Kampanye minum susu Frisian Flag - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Dalam rangka mengampanyekan pentingnya meminum suus, Frisian Flag Indonesia (FFI) meluncurkan kampanye bertajuk 'Saatnya Keluarga Minum Susu Sekarang!' yang mengajak keluarga Indonesia untuk minum susu secara rutin, Senin (20/3).

Melalui kampanye ini, diharapkan semakin banyak keluarga yang menyadari manfaat susu bagi kesehatan dan mulai menerapkan kebiasaan sehat minum susu minimal satu gelas sehari.

Ahli Gizi dan Ketua Umum Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia (PERGIZI Pangan) Prof. Dr. Hardinsyah, MS mengatakan bahwa susu merupakan salah satu pangan sumber gizi baik gizi makro maupun gizi mikro atau vitamin-mineral.

“Susu menyediakan zat gizi yang bermanfaat dalam setiap tahap perkembangan manusia setelah tahap pemberian ASI Ekslusif. Konsumsi susu dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan, khususnya pada anak setelah pemberian ASI ekslusif. Sayangnya, konsumsi susu masyarakat kita masih rendah dibandingkan negara-negara lain; hanya 12 liter per orang per tahun atau tiga sendok makan sehari (Nielsen RUU Data (non-projected) 2014),” katanya dalam siaran pers.

Menurutnya, segelas susu yang difortifikasi dapat memenuhi sampai 20% kebutuhan gizi harian anak dan dewasa; juga menyumbang 180 kkal energi. Tentunya ini akan bermanfaat dalam menunjang aktivitas sehari-hari setiap anggota keluarga.

Masyarakat umumnya beranggapan bahwa susu hanya untuk anak, padahal orang remaja dan dewasa juga memerlukannya. Bagi remaja dan dewasa, minum susu secara rutin bermanfaat bagi kekuatan tulang dan kesehatan karena susu menyediakan sebagian kebutuhan gizi harian seperti kalsium dan vitamin D yang penting bagi kekuatan tulang dan hidup aktif sebagai tabungan masa tua. “Untuk itu, keluarga Indonesia perlu memulai kebiasaan minum susu, terutama yang diperkaya gizi, mulai dari sekarang,” jelasnya.

Di lain sisi, Psikolog Roslina Verauli, M.Psi. memandang bahwa minum susu segelas sehari merupakan sebuah kebiasaan yang baik. Namun, perilaku minum susu perlu untuk dikembangkan kembali, terutama dalam keluarga di Indonesia. “Lingkungan keluarga di mana anak tinggal ternyata memegang peranan besar dalam membentuk perilaku mengonsumsi nutrisi sehat pada anak, seperti minum susu,” ujar Verauli.

Kumpul keluarga merupakan media terbaik untuk membentuk emosi positif dan membantu anggota keluarga membentuk perilaku sehat, salah satunya adalah kebiasaan minum susu. Ada berbagai jenis kegiatan yang bisa dilakukan keluarga, ritual yang juga cukup menarik untuk dicoba adalah milk toast.

Ritual keluarga seperti ini meningkatkan perasaan bahwa keakraban akan terus berjalan yang berdampak pada timbulnya perasaan aman dan nyaman pada anak sekaligus meningkatkan kemampuan anak berkomunikasi dengan orang tua atau orang dewasa lain disekitarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Head of Prepared Beverages Frisian Flag Indonesia Tanti menyampaikan bahwa kampanye Frisian Flag 'Saatnya Keluarga Minum Susu Sekarang!' diharapkan dapat mendorong keluarga Indonesia untuk lebih bersemangat memulai kebiasaan minum susu, minimal satu gelas sehari. “Ini sejalan dengan nilai yang dianut oleh brand kami yang tahun ini genap 95 tahun berada di Indonesia yaitu Building Strong Families,” ujarnya.

Tag : frisian flag
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top