Asupan Nutrisi, Hidrasi dan Olahraga Orang Dewasa Indonesia Mengkhawatirkan

Asupan nutrisi, hidrasi, dan aktivitas olahraga pada orang dewasa dinilai mulai mengkhawatirkan.
Annisa Sulistyo Rini
Annisa Sulistyo Rini - Bisnis.com 17 April 2017  |  14:38 WIB

Bisnis.com, SURABAYA--Asupan nutrisi, hidrasi, dan aktivitas olahraga pada orang dewasa dinilai mulai mengkhawatirkan.

Berdasarkan Asia Pacific Balanced Nutrition Survey yang dilakukan oleh penyedia produk nutrisi global Herbalife terungkap dari 6.000 responden yang berusia 18 tahun ke atas, sebesar 71% responden hanya memakan 1porsi hingga 2 porsi buah per hari atau jauh dari jumlah yang seharusnya dianjurkan yakni 5 porsi per hari.

Lalu, sebanyak 57% responden tidak minum cukup air sesuai rekomendasi 8 gelas per hari dan lebih dari setengah atau 54% responden melakukan aktivitas fisik kurang dari satu jam, bahkan 11% tidak melakukan aktivitas fisik apapun.

Studi ini juga menyatakan bahwa sepertiga dari total responden mengatakan mereka memiliki faktor penghambat untuk menjalani pola hidup sehat dengan gizi seimbang dimana sebanyak 46% responden menyatakan mereka tidak memiliki waktu yang cukup untuk menjalani pola hidup sehat.

Sebanyak 41% beralasan kekurangan motivasi, 40% mengatakan kekurangan biaya untuk menjalani pola hidup sehat dengan gizi seimbang.
Alasan lainnya adalah tidak nyaman menjalani pola hidup sehat 34% dan sebanyak 26% responden mereka mengaku kekurangan informasi mengenai praktek pola hidup sehat.

Sementara di Indonesia, dari 500 responden yang terlibat dalam survei tersebut menyatakan faktor terbesar yang menjadi hambatan untuk menjalani pola hidup sehat dengan gizi seimbang adalah kekurangan biaya, dimana sebanyak 43% menyatakan hal tersebut.

Sebanyak 42% dari responden mengaku kekurangan motivasi dan 41% repsonden menyatakan mereka tidak memiliki cukup waktu untuk menjalani pola hidup sehat.
Untuk alasan lainnya seperti tidaknyaman menjalani pola hidup sehat 32% dan 33% responden mengaku kekurangan informasi mengenai praktek pola hidup sehat.

Senior Manager of Sport Performance and Education Herbalife, Dana Ryan mengatakan bahwa sepertinya ada kesalahpahaman bahwa nutrisi hanya untuk seorang atlet elit.
"Sebenarnya asupan nutrisi seimbang didasarkan pada nutrisi umum padat yang dapat diterapkan kepada siapa saja baik muda, tua, atletis, dan sebagainya," ujarnya dalam keterangan resmi, Minggu (16/4/2017).

Mencukupi kebutuhan asupan nutrisi umum, lanjut Dana, sebenarnya adalah mengkonsumsi sejumlah kalori untuk mempertahankan fungsi vital tubuh dengan tujuan memenuhi gizi dan menjaga kebugaran.

Harus dipastikan bahwa kita memiliki asupan macronutrients yang tepat, antara lain; protein, karbohidrat dan lemak. Memastikan hidrasi yang tepat juga merupakan hal yang penting. Hal ini sangat penting agar tubuh dapat berfungsi dengan baik.

Perempuan harus minum setidaknya 9 gelas air per hari, sedangkan pria harus minum setidaknya tiga belas gelas per hari. Tentu saja, saat berolahraga, kita harus mengisi cairan tambahan. Menambahkan elektrolit (natrium, kalium, magnesium, kalsium) juga membantu mengembalikan nutrisi penting yang hilang saat berolahraga

Adapun, survei tersebut fokus pada kecukupan nutrisi, kebiasaan dan perilaku konsumen berusia 18 tahun ke atas di Asia Pasifik. Survei dilakukan dalam rangka Herbalife Asia Pasific Wellness Tour 2017 yang ditujukan untuk memberikan inspirasi pada masyarakat untuk mengadopsi kebiasaan mengkonumsi gizi seimbang serta berolahraga guna memperkuat dampaknya terhadap kesehatan jangka panjang dan kesejahteraan masyarakat.

Herbalife Asia Pasific Wellness Tour 2017 yang diisi dengan simposium dan kampanye kesehatan ini berlangsung pada 5 April hingga 15 Mei 2017 dan dilaksanakan di 23 kota di negara-negara Asia Pasifik dengan menghadirkan Dewan Penasehat Nutrisi (NAB) Herbalife guna memberikan informasi, edukasi dan melatih anggota Independen Herbalife serta anggota masyarakat akan prinsip-prinsip gizi yang baik dan aktivitas fisik secara teratur.

Country General Manager Herbalife Indonesia Andam Dewi mengatakan rangkaian Herbalife Wellness Tour merupakan kegiatan rutin tahunan yang dikemas dalam bentuk kunjungan/roadshow sejumlah Nutrition Advisory Board (NAB) Herbalife.

NAB terdiri dari ahli di bidang nutrisi dan kesehatan dari berbagai Negara yang mengkampanyekan pentingnya menjaga gaya hidup sehat melalui asupan nutrisi seimbang dan olahraga ke seluruh dunia.

"Kami berkomitmen untuk terus mengkampanyekan gaya hidup sehat serta pentingnya asupan nutrisi seimbang bagi masyarakat Indonesia dan Asia Pacific pada umumnya," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
nutrisi

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top