Makanan sehat/Antara
Health

Snack, Makanan Selingan yang Bermanfaat Bagi si Kecil

Rezza Aji Pratama
Rabu, 7 Juni 2017 - 16:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Selain melengkapi nutrisi harian, makanan selingan (snack) ternyata juga bisa membantu menstimulasi motorik halus si buah hati.

Praktisi kesehatan anak Margareta Komalasari mengatakan sebanyak 30% nutrisi harian bayi usia 8 bulan ke atas yang diperoleh dari makanan pendamping ASI diberikan dalam bentuk makanan selingan.

Selain kedua manfaat di atas, snack juga dapat membantu melatih kemandirian sejak dini. “Orang tua perlu memilih snack yang tepat untuk si kecil, baik dari segi kandungan gizi, tekstur, rasa, dan jenisnya," ujarnya, Rabu (7/6/2017).

Memasuki usia 7 bulan, jelasnya, bayi mulai mampu mengkoordinasikan gerak motorik halus seperti meraih, mengambil, dan memindahkan benda dari satu tangan ke tangan lain dengan baik serta menjimpit benda dengan kedua jarinya.

Periode ini menunjukkan bahwa kemampuan untuk memegang dan melepas makanan semakin berkembang.

Dalam fase ini, orang tua dapat memberikan stimulasi berupa finger food dengan ukuran dan tekstur yang tepat sebagai snack. Ukuran sebaiknya agak kecil tetapi mudah lumer dalam mulut agar bayi tidak tersedak.

Stimulasi ini bisa berdampak pada perkembangan kemandirian makan dan kemampuan memegang alat tulis hingga kemampuan menulis di kemudian hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nurbaiti
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro