Tips Ideal Belanja Lebaran

Bulan Ramadhan akan segera berakhir dan masyarakat di Indonesia sudah bersiap-siap merayakan hari kemenangan yang ditunggu-tunggu bersama dengan keluarga dan kerabat dekat setelah sebulan penuh berpuasa. Tradisi masyarakat di Indonesia untuk memenuhi berbagai kebutuhan lebaran dengan memberikan yang terbaik bagi keluarganya berimbas pada meningkatnya pembelanjaan dibanding bulan-bulan sebelumnya.
Mia Chitra Dinisari | 23 Juni 2017 15:35 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Bulan Ramadhan akan segera berakhir dan masyarakat di Indonesia sudah bersiap-siap merayakan hari kemenangan yang ditunggu-tunggu bersama dengan keluarga dan kerabat dekat setelah sebulan penuh berpuasa. Tradisi masyarakat di Indonesia untuk memenuhi berbagai kebutuhan lebaran dengan memberikan yang terbaik bagi keluarganya berimbas pada meningkatnya pembelanjaan dibanding bulan-bulan sebelumnya.

Menurut data Aprindo, pengeluaran belanja masyakarat di bulan Ramadan tahun 2016 melonjak hingga 30% dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya[1]. “Beragam jenis usaha seperti mal, pusat perbelanjaan, supermarket, termasuk online shoppingpun ramai akan pembeli. Di sisi lain, para pemudik sudah siap dengan tiket pesawat, kereta api, bis, atau kapal agar dapat pulang ke kampung," ujar Harianto Gunawan, Presiden Direktur PT. Visa Worldwide Indonesia dalam siaran persnya

Harianto Gunawan melanjutkan, "Saat ini masyarakat lebih memilih kenyamanan, kecepatan sekaligus keamanan yang lebih, oleh karena itu mengantri untuk membeli tiket, atau bahkan sekadar mengantri di kasir sudah bukan menjadi pilihan. Itulah salah satu alasan mengapa transaksi belanja online terus meningkat. Survei Consumer Payment Attitude yang dilakukan oleh Visa tahun 2016 lalu menunjukkan bahwa 86% masyarakat Indonesia berbelanja online setidaknya satu kali dalam sebulan (meningkat 16% dibandingkan dengan tahun 2015)[2].”

Survei tersebut juga menemukan bahwa travel (53%) merupakan kategori yang paling banyak dibeli konsumen secara online dalam 12 bulan terakhir, menempati peringkat kedua setelah produk fesyen dan aksesoris (63%). Selain itu 74 persen responden mengakui bahwa harga yang lebih murah merupakan salah satu alasan mengapa mereka lebih suka berbelanja online. 78 persen responden lainnya memilih belanja online setelah membaca review, komentar dan feedback yang ada di media sosial, sementara 69% responden berbelanja online karena banyaknya promo menarik yang ditawarkan.

Bagi yang suka berbelanja online, perlu diketahui bahwa merchant online telah dilengkapi dengan fasilitas pencegahan penipuan untuk memastikan keamanan, salah satu diantaranya adalah dengan Verified by Visa untuk meyakinkan para konsumen dalam bertransaksi secara online. Dengan sistem otentikasi ini transaksi online dapat dilanjutkan apabila pemegang kartu memasukkan password yang hanya diketahui pemegang kartu itu sendiri. Setelah pengguna kartu memasukkan password, pihak bank akan dapat memverifikasi keabsahan identitas pemegang kartu yang telah memasukkan informasi kartunya ke situs eCommerce tersebut.

Berikut adalah sejumlah tips yang dapat membantu konsumen merasakan serunya Belanja Ramadhan menggunakan kartu pembayaran:

Tag : tips belanja
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top