Amigos Gemparkan Pavillon Dauphine Paris

- Amigos, grup band pelantun lagu-lagu Batak yang berkarya selama 33 tahun di blantika musik Indonesia, berhasil mengemparkan Gedung Pavillon Dauphine Paris dalam acara Festival Colorful Indonesia (FCI), dengan lagu Situmorang.
Newswire | 25 September 2017 06:13 WIB
Grup band pelantun lagu Batak, Amigos Band - Youtube

Bisnis.com PARIS - Amigos, grup band pelantun lagu-lagu Batak yang berkarya selama 33 tahun di blantika musik Indonesia, berhasil mengemparkan Gedung Pavillon Dauphine Paris dalam acara Festival Colorful Indonesia (FCI), dengan lagu ‘Situmorang’.

Acara FCI itu digelar selama dua hari dari 23 September sampai 24 September 2017.

Lagu Batak yang cukup akrab seperti Lissoi dan Alusia turut dinyanyikan. Khususnya lagu Situmorang yang diganti dengan Panjaitan -nama marga Dubes RI di Paris Hotmangaradja MP Pandjaitan-, dilantunkan oleh grup tersebut untuk menyemarakan suasana acara FCI, pameran budaya, perdagangan dan investasi yang dipenuhi pengunjung dari berbagai kalangan.

Atase Pendidikan KBRI Paris Surya Rosa Putra, Senin (25/9/2017), menyebut kehadiran grup musik Amigos yang terdiri Vico Pangaribuan, Reinhard Nainggolan dan Jean Butar-butar didukung penuh oleh Pemda Toba Samosir dan Humbang Hasundutan.

Grup Amigos dan Style Voice yang menampilkan beberapa nomor klasik dari tanah Toba juga melakukan acara "Mangulosi", semacam inaugurasi FCI kepada Dubes RI di Paris, Hotmangaradja MP Pandjaitan dan kepada undangan sebagian diplomatik termasuk Dubes Unesco Fauzi Soelaiman dan Ibu Bonita Sadanoer dan sekitar lebih dari seribu pengunjung setiap hari.

Balawan Jazz

Selain grup musik Amigos yang berkolaborasi dengan Style Voice Sumatera Utara mewarnai Komplek Pavillon Dauphine Paris, juga tampil grup musik Balawan Jazz yang menampilkan musik jazz berkolaborasi dengan musik gamelan kontemporer Indonesia. Serta Gamelan Bali KBRI Puspawarna dan kelompok tari Joged Nusantara.

Grup musik Balawan Jazz, pimpinan I Wayan Balawan adalah musik kontemporer Indonesia tanpa meninggalkan nilai-nilai tradisional yang didatangkan Atase Pendidikan KBRI Paris sesuai dengan misinya, menghadirkan musik kontemporer Indonesia di Paris.

Nomor-nomor yang ditampilkan Balawan sangat bervariasi, mulai dari lagu-lagu Bali, pop jazz Indonesia dan Barat, sampai dangdut yang menghibur para pengunjung yang sebagian besar masyarakat Perancis.

Sementara, Grup Puspawarna Gamelan Bali pimpinan Theo Merigeau dan Hsiao Yun Tseng, adalah grup volunter KBRI Paris. Personelnya sekitar 20 orang yang seluruhnya orang Perancis.

Dalam FCI kali ini, grup tersebut berkolabarasi dengan seniman I Made Agus Wardana dari Brussel. Puspawarna menampilkan gamelan dan beberapa tarian dan dipandu DR. Catherine Bisset, etnomusikologi Indonesia asal Prancis.

Sumber : Antara

Tag : musik
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top