Berjemur pada pagi hari sebagai salah satu cara mendapat vitamin D/Istimewa
Health

4 Sumber Vitamin D untuk Vegetarian

Nancy Junita
Jumat, 29 September 2017 - 13:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  “Kita adalah apa yang kita makan.” Ungkapan ini kerap kita dengar, dan merefleksikan seberapa sehat tubuh Anda.

Seperti diketahui, tubuh bagaikan mesin yang membutuhkan bahan bakar berupa makanan. Dari makanan inilah tubuh bisa melakukan berbagai fungsi. Sesungguhnya tubuh mampu memproduksi nutrisi yang dibutuhkan, namun bukan nutrisi esensial.

Justru, nutrisi atau zat gizi yang esensial itu berada di luar tubuh, sehingga kita mesti bijak memilih jenis makanan yang akan dimasukkan ke dalam mulut.

Di antara sejumlah makanan yang ada, nutrisi mikro yang penting dibutuhkan tubuh adalah vitamin. Di antaranya vitamin yang sifatnya larut  dalam lemak dan vitamin yang larut dalam air.

Vitamin yang larut dalam lemak adalah vitamin A, D, E dan K. Sementara, vitamin yang larut dalam air adalah vitamin B dan C.

Vitamin berperan penting dalam pencernaan dan fungsi tubuh lainnya. Sebagian besar vitamin dapat ditemukan pada buah dan sayuran yang kita konsumsi secara teratur. Tapi, ada satu vitamin yang banyak ditemukan pada daging - Vitamin D.

Vitamin D adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh kita. Hal ini penting untuk pemanfaatan kalsium dan fosfor yang benar dalam tubuh kita, yang menghasilkan kesehatan tulang yang baik.

4 Sumber Vitamin D untuk Vegetarian

Menariknya, tubuh kita bisa mensintesis vitamin D sendiri di bawah sinar matahari. Itulah sebabnya dokter menyarankan untuk mengekspos tubuh kita ke sinar matahari untuk waktu tertentu setiap hari. Ini memastikan bahwa cukup vitamin D diproduksi oleh tubuh kita dan ini pada gilirannya membuat tubuh kita menyerap kalsium lebih baik. Tapi tidak banyak orang yang punya waktu untuk mendapatkan sinar matahari di siang hari.

Sumber vitamin D lainnya adalah produk susu, hati, telur, minyak ikan cod dan ikan berminyak. Masalah dengan sumber vitamin D ini adalah bahwa mereka kebanyakan bukan vegetarian, sehingga tidak sesuai untuk Vegetarian. Tapi ada banyak sumber nabati yang bagus untuk vitamin D. Berikut adalah beberapa sumber vitamin D yang sangat baik yang cocok untuk vegetarian.

1.Susu dan produk turunannya

Susu merupakan salah satu sumber vitamin D. Satu cangkir susu menyediakan 19% RDA untuk orang dewasa. Keju juga merupakan sumber lain vitamin D yang membantu fungsi keseluruhan tubuh.

2. Fortifikasi

Cara lain untuk mendapatkan vitamin D adalah dengan mengonsumi makanan yang diperkaya vitamin D.

Misalnya, sari jeruk yang kaya vitamin C diperkaya vitamin D. Demikian pula, yogurt  bisa diperkaya vitamin D untuk menjadikannya sumber vitamin D lain untuk vegetarian. Makanan berbahan dasar lainnya yang dapat berfungsi sebagai sumber vitamin D yang sangat baik adalah oatmeal dan sereal.

4 Sumber Vitamin D untuk Vegetarian


3. Jamur

Beberapa jamur seperti shitake dan jamur putih menyintesis Vitamin D saat terkena sinar matahari yang cukup selama tahap pertumbuhannya. Jamur mungkin hanya menyediakan 3-4% vitamin,  jadi pastikan Anda makan jamur dalam jumlah banyak.

3. Sinar matahari

Disarankan terpapar matahari selama 15 menit tanpa tabir surya setidaknya tiga kali seminggu. Ini akan merawat asupan vitamin D pada tubuh Anda. Namun, ingatlah untuk  berjemur pada pagi atau sore hari. Sinar  matahari yang terik akan merusak kulit  dan menciptakan sejumlah masalah lainnya.

4. Produk kedelai

Produk kedelai seperti tahu adalah cara terbaik mendapatkan vitamin D. Tahu terbuat dari  susu kedelai.  Masukkan produk kedelai ini pada menu, dan  Anda mendapatkan 30% dari RDA vitamin D. Anda juga bisa mencoba produk kedelai yang berbeda di pasaran seperti susu kedelai dan miso, jika sesuai selera selera Anda.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Sumber : www.boldsky.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro