Hamish Daud Geluti Free Diving Sejak 9 Tahun

Suami penyanyi Raisa Andriana, Hamish Daud memang dikenal sebagai sebagai pegiat alam bebas. Salah satu hobinya di alam bebas adalah free diving, atau menyelam bebas tanpa bantuan alat pernapasan.
Ilman A. Sudarwan | 29 November 2017 14:06 WIB
Hamish Daud - Instagram

Bisnis.com, JAKARTA - Suami penyanyi Raisa Andriana, Hamish Daud memang dikenal sebagai sebagai pegiat alam bebas. Salah satu hobinya di alam bebas adalah free diving, atau menyelam bebas tanpa bantuan alat pernapasan.

Hamish bahkan mengatakan sudah mulai melakukan free diving sejak usia dini. Karena sudah sering bolak-balik Sumba-Bali, pria kelahiran Australia ini tak asing lagi dengan dunia laut.

"Aku mulai free diving umur 9 tahun, aku dari kecil kan memang sudah tinggal sering bolak-balik Sumba. Mulai cari-cari udang, cari-cari ikan, melakukan spearfishing," katanya.

Meski sudah biasa free diving sejak kecil, Hamish belakangan mengambil kursus di lembaga khusus untuk mendapatkan sertifikat free diving. Diakuinya, setelah ikut kursus, dia lebih bisa mengontrol tubuhnya sendiri saat free diving.

"Sebelumnya, hanya tahan sekitar satu setengah menit, setelah ikut course saya bisa tahan napas sampai 5 menit. Waktu di kelas, apa lagi kalau sudah ambil tahap 2 yang advance, itu ambil kelas biologi begitu, kita seperti belajar science. Kita belajar tubuh kita dan cara mengendalikannya saat ada di bawah air."

Hamish sendiri mengakui dengan free diving dia lebih bebas dalam mengeksplorasi alam bawah laut. Dia tidak lagi bergantung pada penyedia jasa scuba diving saat hendak menyelam.

"Free diving menunjang saya bisa eksplorasi laut tanpa peralatan, dan yang kedua untuk safety," katanya.

Menurutnya hal yang paling penting saat free diving adalah memastikan Anda tidak melakukannya sendirian. Hamish menjelaskan, sering kali seseorang pingsan tiba-tiba di dalam air dan akan sulit menyelamatkan diri jika sendirian.

"Aturan pertama adalah, jangan pernah free diving sendiri, mau sejago apapun. Banyak sekali orang tenggelam saat shallow water blackout. Itu bisa terjadi kapan saja, jadi harus ada orang yang menemani," katanya.

Baginya saat ini, free diving juga seperti sebuah meditasi. Dengan memahami tubuh sendiri, seseorang akan lebih tenang saat menyelam dan menahan napas.

"Free diving itu seperti meditasi, menjaga ketenangan diri kita. Sebelum kita turun ke bawah, itu kita seperti melakukan pemanasan, agar seperti kita sudah mau tertidur. Baru setelah itu turun."

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
diving

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top