14 Strategi Jitu Belanja Lancar dan Aman Saat Harbolnas 2017

Selayaknya tahun-tahun sebelumnya sejak 2012, pada 12 Desember tahun ini masyarakat Indonesia kembali akan menyambut perayaan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).
Wike Dita Herlinda
Wike Dita Herlinda - Bisnis.com 10 Desember 2017  |  18:21 WIB
14 Strategi Jitu Belanja Lancar dan Aman Saat Harbolnas 2017
Belanja online - Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA — Selayaknya tahun-tahun sebelumnya, sejak 2012, pada 12 Desember tahun ini masyarakat Indonesia kembali akan menyambut perayaan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).

Indonesia merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan e-commerce tertinggi di Asia Tenggara. Merujuk data dari penelitian yang digagas oleh TEMASEK dan Google, pertumbuhan e-commerce Indonesia meningkat seiring dengan tumbuhnya penggunaan internet.

Pada 2015, terdapat 18 juta orang pembeli online di Indonesia. Angka ini diprediksi tumbuh hingga 119 juta pembeli online pada 2025.

Gegap gempita masyarakat Indonesia dalam berbelanja online membuat para pelaku e-commerce semakin sayang dengan pelanggan. Berbagai macam program diskon, layanan berkualitas, promo gratis ongkir, dan lainnya dilakukan semata-mata untuk memanjakan konsumen.

Selain itu, pelaku bisnis e-commerce Indonesia termasuk rutin mengadakan hari-hari istimewa dengan penuh promo dan diskon belanja. Sebut saja kampanye 11.11 November, kampanye Black Friday, hingga kampanye Harbolnas yang bisa dibilang puncak dari segala pesta diskon e-commerce.

Meski diskon bertebaran, bukan berarti konsumen lantas belanja sembarangan. Alih-alih ingin untung malah menjadi buntung karena kalap melihat promo tanpa pikir panjang. Untuk menghindari hal tersebut, iPrice Group memberikan tips komprehensif untuk Harbolnas 2017:

1. Registrasi Newsletter

Mungkin awalnya Anda akan berpikir “Tidak! Saya tidak mau ada spam di email saya!”. Padahal registrasi newsletter itu cukup penting dilakukan, karena biasanya para e-commerce memberi kejutan diskon yang mereka kirim hanya melalui e-mail.

“Berlangganan newsletter sangatlah mudah. Umumnya terdapat kotak kecil di bawah halaman utama toko online di mana Anda bisa mendaftarkan alamat e-mail. Ketika Anda membuat akun di salah satu e-commerce pun secara otomatis Anda akan berlangganan newsletter yang akan dikirimkan ke kotak masuk e-mail Anda,” jelas Senior Content Marketer iPrice Andrew Prasatya.

2. Membuat Daftar Belanjaan

Cara yang paling konvensional dan selalu ampuh untuk mengingatkan Anda apa saja barang yang dibutuhkan. Cara ini memang sudah lumrah dilakukan ketika belanja di pasar atau supermarket. Begitu juga ketika belanja online, lakukanlah daftar belanjaan yang Anda inginkan lengkap dengan brand, ukuran, dan juga harga normal.

Supaya Anda benar-benar mendapatkan harga murah, pastikan Anda sudah mencatat harga normal dari barang tersebut. Sehingga Anda tidak terjebak mitos trik marketing “harganya dinaikin dulu sebelum didiskon” yang kerap dilakukan oleh peritel online.

3. Download Mobile App

Jika Anda jarang membuka e-mail apalagi membaca newsletter dari toko online yang Anda daftarkan, mungkin mengunduh mobile app adalah pilihan yang tepat. Umumnya mobile app ini bisa diunduh di App Store (iOS) dan Google Play (Android).

Tujuannya juga sama, yakni mendapatkan notifikasi supaya Anda tidak ketinggalan diskon-diskon yang ada. Berkaca juga dari Sale 11.11, banyak e-commerce yang memberikan notifikasi diskon dadakan di smartphone saat hari H.

Ada beberapa keuntungan jika Anda mengunduh mobile app dari masing-masing e-commerce. Pertama, Anda langsung mengetahui diskon-diskon terbaru melalui notifikasi smartphone Anda. Kedua, mudah dan praktis sehingga Anda bisa belanja di mana saja dan kapan saja.

“Beberapa toko online juga memberikan kode promo khusus yang hanya berlaku jika pembelian dilakukan melalui app. Zalora termasuk e-commerce yang paling getol memberikan kode promo melalui app,” ungkap Andrew.

4. Bookmark Halaman Khusus Harbolnas E-commerce

Untuk memudahkan Anda menemukan diskon barang yang diinginkan, alangkah baiknya jika Anda sudah bookmark halaman khusus Harbolnas 2017 para e-commerce kesayangan. Misalnya Lazada, Zalora, Bukalapak, Bhinneka, Tokopedia, Blibli.com, Mataharimall, dan Hijup.

5. Catat, Catat, dan Catat!

Catat semua strategi belanja yang akan Anda lakukan saat hari-H Harbolnas. Catat toko online yang mau Anda datangi untuk mendapatkan barang idaman. Misalnya “beli laptop Asus Zenbook di Bhinneka”, “beli sepatu Hush Puppies di Zalora”, “beli powerbank di Lazada”, “cari kode kupon di iPrice”, dan lain-lain.

Selain itu catat juga berbagai macam ukuran baik baju, celana, sepatu yang mau Anda beli. Apalagi jika Anda berencana untuk membelikan kado Natal atau Tahun Baru untuk sanak saudara, pacar, mantan gebetan, dan lain-lain.

6. Koneksi Internet yang Cepat

Supaya belanja online Anda semakin lancar, pastikan Anda memiliki koneksi internet yang cepat supaya tidak membuang-buang waktu dengan loading browser yang cukup lama.

Terdapat berbagai macam cara yang bisa Anda lakukan supaya belanja online dapat berjalan dengan lancar jaya. Entah itu pergi ke coffee shop, curi-curi belanja online menggunakan internet kantor, dan sebagainya.

7. Cek Flash Sale Tiap Toko Online

Anda sudah bookmark tiap halaman khusus toko online sebelumnya, kan? Saat hari-H, lakukan refresh browser Anda setiap jam. Beberapa toko online memang suka mengadakan Flash Sale dadakan. Siapa tahu Anda menemukan diskon yang cocok untuk membeli barang impian.

Bagaimana caranya? Anda bisa membuat browser laptop Anda khusus untuk membuka tab berisi semua toko online. Sangat disarankan Anda membuka halaman khusus Harbolnas tiap e-commerce seperti Lazada, Zalora, Bukalapak, dan Bhinneka.

8. Berburu Kode Kupon dari Website Perbandingan Harga

Selain toko online yang menjual produk, sekarang ini terdapat juga website yang berfungsi membandingkan harga suatu barang dari toko-toko lain, seperti iPrice. Biasanya website tersebut memiliki halaman khusus berisi kumpulan kupon dari semua e-commerce di Indonesia.

Anda bisa memanfaatkan website-website ini untuk menjaring semua kode kupon dan diskon belanja saat Harbolnas, terutama jika Andatidak mau ribet membuka tab browser satu-persatu.

9. Pastikan Ukuran Baju dan Sepatu Sudah Pas

Perlu diingat bahwa ukuran S, M, L, dan XL setiap brand bisa jadi berbeda. Jangan langsung menyimpulkan bahwa Anda akan pas dengan size M hanya karena biasanya beli baju dengan ukuran itu.

Pilihlah baju di e-commerce yang menampilkan deskripsi lengkap mencakup ukuran, lingkar dada, dan panjang baju. Dengan informasi ukuran yang lengkap tersebut Anda bisa mengetahui apakah baju pas dengan tubuh atau tidak. Contoh toko online yang memberikan deskripsi lengkap soal ukuran dalam cm adalah Zalora, Hijup, dan Lazada.

10. Selalu Cek Rating dan Review Toko yang Bersangkutan

Khusus bagi Anda yang belanja di e-commerce C2C (costumer to costumer), Anda harus lebih berhati-hati berbelanja online saat Harbolnas. Untuk menghindari penipuan dan hal-hal yang tidak diinginkan, selalu cek kembali rating dan review dari toko yang bersangkutan.

Jika dari segi harga, rating, dan review-nya meragukan, sebaiknya Anda mencari pemilik toko lain yang lebih terpercaya. Contoh e-commerce C2C adalah Bukalapak, Tokopedia, dan Lazada.

11. Pilih Jasa Pengiriman Paling Murah Supaya Hemat

Salah satu hal yang cukup mengganggu saat belanja online adalah ongkos kirim yang cukup mahal. Apalagi jika Anda tinggal di luar pulau Jawa, atau jarak antara pemilik toko dengan rumah Anda seperti dari Sabang hingga Merauke.

Cara yang paling mudah untuk menghindari ongkir yang mencekik dompet adalah dengan memilih jasa ekspedisi pengiriman barang yang paling murah. Anda pun bisa memilih jasa pengiriman tersebut sesuai selera di beberapa e-commerce seperti Bukalapak dan Tokopedia.

12. Selalu Simpan Bukti Transaksi

Untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, simpanlah bukti-bukti transaksi seperti resi transfer dan histori percakapan antara Anda dengan penjual hingga transaksi benar-benar selesai

13. Ketahui Return Policy (Kebijakan Pengembalian Barang)

Anda juga harus mengetahui setiap Return Policy dari setiap toko online tempat di mana Anda belanja. Hal ini mengantisipasi bila barang yang Anda terima tidak sesuai dengan yang Anda pesan.

Dengan mengetahui Return Policy, Anda bisa bergerak cepat melakukan langkah selanjutnya saat terjadi kesalahan pengiriman. Umumnya Anda bisa mengembalikan produk jika tag dan label produk masih tertera. Sehingga jangan cepat-cepat memotong tag pakaian Anda saat sudah sampai.

14. Ketahui Costumer Service

Jangan skeptis terlebih dahulu dengan layanan costumer service. Kini hampir semua toko online memiliki fitur Live Chat di mana Anda bisa melempar pertanyaan atau percakapankapan saja. Jangan ragu untuk bertanya, mereka akan dengan senang hati mendengar keluhan Anda dan memberikan solusi yang tersedia.

Berikut kisi-kisi diskon apa saja yang akan dikeluarkan oleh berbagai e-commerce di Harbolnas 2017:

E-commerce

Kisi-Kisi Diskon Harbolnas 2017

Bukalapak

Anda tidak perlu memikirkan ongkos kirim karena Bukalapak memberinya secara gratis.

Zalora

Akan ada Flash Sale di rentang waktu tertentu, seperti Morning Flash Sale, Mid-Day Flash Sale, hingga Midnight Sale. Sangat disarankan bagi Anda untuk merefresh tab Zalora setiap beberapa jam sekali.

Bhinneka

Terdapat diskon tambahan 12% tanpa minimum transaksi.

Lazada

Lazada kerap memberikan Flash Deal dalam interval waktu tertentu. Sangat disarankan refresh website Lazada secara rajin.
Pantau sosial media Lazada (Facebook, Twitter, Instagram) dari tanggal 1-12 Desember karena akan ada pesta hadiah dari Lazada

Hijup

Terdapat berbagai macam kode kupon yang bisa Anda gunakan seperti HBL50, HBL75, HBL100, HBL150, dan HBL200.
Diskon yang berbeda di tanggal 10, 11, dan 12 Desember 2017.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
harbolnas

Editor : Martin Sihombing
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top