Ada Pameran Foto & Peluncuran Buku di HUT Antara

Usia 80 tahun bagi Kantor Berita Antara merupakan berkah tersendiri dalam sejarah panjang perjalanan pers di Indonesia. Sebab sejak didirikan pada 13 Desember 1937, Antara berhasil bertahan melampaui waktu.
Dika Irawan | 16 Desember 2017 02:38 WIB
Ilustrasi-Pameran foto sejarah Indonesia - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Merayakan peringatan 10 Windu Kantor Berita Antara, Galeri Foto Jurnalistik Antara (GFJA) dan Divisi Pemberitaan Antara bekerjasama dengan Musem Bronbeek serta Arsip Nasional Indonesia akan meluncurkan buku foto dan pameran bertajuk HISTORI MASA DEPAN - 10 Windu Kantor Berita Antara (1937-2017) di GFJA, Pasar Baru, Jakarta, Jumat (15/12/2017).

Usia 80 tahun bagi Kantor Berita Antara merupakan berkah tersendiri dalam sejarah panjang perjalanan pers di Indonesia. Sebab sejak didirikan pada 13 Desember 1937, Antara berhasil bertahan melampaui waktu. Untuk itu pada HUT kali ini Antara tak tanggung-tanggung membuat dua buku yang menggali sejarah panjang pertumbuhan kantor berita nasional ini dan peristiwa penting yang mengiringinya.

Buku yang dimaksud adalah sebuah buku berisi tulisan karya para wartawan Antara berjudul 80 yang merupakan persembahan kisah tentang tekad empat pemuda nekat dari balik sebuah sel di penjara Salemba hingga melahirkan kantor berita ini. Kemudian, buku foto yang akan diluncurkan juga berkisah tentang perjalanan negeri yang penuh gejolak, dirangkai dalam tampilan foto-foto hasil riset panjang di dalam maupun luar negeri.

Sebanyak 328 foto itu dirangkai oleh secara kronologis oleh kurator GFJA Oscar Motuloh dan Direktur Pemberitaan Hermanus Prihatna dalam bentuk buku bertajuk HistoRI Masa Depan. Dan, 60 foto yang ada di dalamnya akan dipamerkan di GFJA, dari 15 Desember hingga 4 Februari mendatang.

Dalam keterangan tertulisnya, pameran ini akan dibuka oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Dirut Kantor Berita Antara Meidyatama Suryodiningrat serta diselingi oleh pertunjukan Monolog 10 Windu oleh Tyo Pakusadewo, Jay Subyakto, Maya Hasan, dan Irfan Ramli.

Pameran terbuka untuk umum mulai pukul 9.00 - 21.00 WIB setiap hari kecuali Senin dan hari besar tutup.

Tag : pameran foto
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top