Ini Kunci Sukses Panata Rias Film Wonder Arjen Tuiten

Penata rias Arjen Tuiten yang mengatkan bahwa mempelajari hukum tentang pekerja di bawah umur dan membuat struktur wajah prostetik senyata mungkin adalah perhatian utamanya saat bekerja dalam film Wonder yang menjadi nominator Piala Oscars untuk kategori riasan wajah dan rambut.
Ilman A. Sudarwan | 24 Februari 2018 11:42 WIB
Arjen Tuiten - youtube

Bisnis.com, JAKARTA – Penata rias Arjen Tuiten yang mengatkan bahwa mempelajari hukum tentang pekerja di bawah umur dan membuat struktur wajah prostetik senyata mungkin adalah perhatian utamanya saat bekerja dalam film Wonder yang menjadi nominator Piala Oscars untuk kategori riasan wajah dan rambut.

Film tersebut menceritakan tentang Auggie Pullman, seorang anak yang menderita penyakit langka yang menyebabkan deformitas pada wajahnya. Karakter Auggie diperankan oleh aktor Jacob Tremblay.

“Jika struktur wajah prostetiknya terlihat seperti topeng atau terasa palsu, keseluruhan film ini tidak akan berjalan dengan baik. Belum ada film lain yang menempatkan aktor 9 tahun dengan prostetik penuh sebagai pemeran utama,” ujar Tuiten sebagaimana dikutip dari Reuters.

Tuiten bersama timnya membuat helm khusus dengan sistem kawat yang tertup tabung. Fungsinya adalah untuk menarik kantung mata Tremblay dan membuat kantung matanya terlihat tertarik ke bawah. Sebagai sentuhan akhir, Tuiten menempatkan sebuah overlay berbahan karet dan rambut palsu.

Tantangan utama yang dihadapi oleh Tuiten dalam film ini adalah persoalan hukum pekerja di bawah umur yang diberlakukan di sana. Karena Tremblay baru berusia 9 tahun, Tuiten harus membuat riasan prostetik tersebut mudah dibuka-copot.

Untuk mendalami karakter Pullman, Tremblay menyisir rambutnya ke belakang lalu duduk di kursi selama 4 setengah jam. “Dan selanjutnya, itu saya benar-benar melihat orang lain yang sepenuhnya berbeda,” ujar Tremblay.

Tremblay selama ini juga dikenal berkat karya-karyanya dalam film-film besar seperti Pan’s Labyrinth dan Maleficent. Dalam film Pan’s Labyrinth dia membuat riasan wajah untuk karakter Pale Man. Sementar dalam Maleficent dia membuat tanduk hitam yang digunakan aktris Angelina Jolie. Semua pekerjaan itu, menurutnya adalah pekerjaan yang penuh cinta.

“Dalam menjalani hidup, saya tidak pernah ingin melakukan hal lain selain membuat efek riasan wajah dan membuat karakter-karakter ini. Sejak usia 9 tahun saya sudah menginginkan pekerjaan ini, dan keinginan itu tidak pernah berubah sama sekali,” jelasnya.

Pada ajang Piala Oscars nanti, Wonders akan bersaing dengan film Darkest Hour dan Victoria & Abdul dalam kategori riasan wajah dan penataan rambut. Pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada Academy Awards 4 Maret 2018.

Sumber : Reuters

Tag : festival film, berlin, film hollywood
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top