Wisman di atas kapal cepat yang berlabuh di Pelabuhan Padangbai, Bali, setelah datang dari Gili Trawangan, Lombok/Bisnis-Feri Kristianto
Travel

WISATA GILI TRAWANGAN : Tanpa Retribusi, Begini Desa Gili Indah Kelola Pariwisata

Newswire
Minggu, 4 Maret 2018 - 12:59
Bagikan

Optimalkan BUMDes

Bisnis.com, NTB - Guna menambah pemasukan pendapatan desa secara mandiri, kini Desa Giri Indah tengah mengembangkan dua BUMDes Mart.

Kebetulan Pemkab Lombok Utara melarang berdirinya toko waralaba.

Kepala Desa Giri Indah, Muhammad Taufik menuturkan bangunannya sudah jadi tinggal mengisi barang-barang yang mau dijual dengan menggunakan dana desa.

Sesuai aturan dari pemkab, Rp100 juta bisa digunakan untuk pengembangan BUMDes. Dalam pengelolaan BUMDes, pihaknya akan bekerja sama dengan karang taruna.

Pihaknya juga mendapat penawaran dari pengusaha untuk mengelola air bersih yang diambil dari daratan yang disalurkan melalui pipa bawah laut, nantinya kerja sama dengan BUMDes.

Proyek tersebut diperkirakan menelan dana sekitar Rp220 miliar.

"Kami coba memberanikan diri asal saling menguntungkan supaya BUMDes bisa maju," katanya saat menerima kunjungan kerja Bagian Humas Pemerintah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah bersama para wartawan.

Dalam pemberdayaan masyarakat, desa wisata dunia ini juga memiliki beberapa koperasi, untuk transportasi laut ada koperasi Karya Bahari, untuk transportasi darat berupa andong ada koperasi Jalur Indah.

Pihaknya juga mempunyai koperasi simpan pinjam di kantor desa di Gili Air. Keberadaan koperasi ini cukup membantu dalam peningkatan kehidupan masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro