Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kemenkes Targetkan Temuan Kasus Tuberkulosis 80%

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menargetkan mencapai 80 persen temuan kasus penyakit turbekulosis (TB) dari total jumlah penderita di Indonesia yang diperkirakan sebanyak 1.020.000 orang.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 21 Maret 2018  |  14:05 WIB
Pengidap tuberkulosis (TB) - tuberkulosis.org
Pengidap tuberkulosis (TB) - tuberkulosis.org

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menargetkan mencapai 80 persen temuan kasus penyakit turbekulosis (TB) dari total jumlah penderita di Indonesia yang diperkirakan sebanyak 1.020.000 orang.

"Penemuan kasusnya kita upayakan 80 persen dari 1.020.000 kasus," kataDirektur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Anung Sugihantono di Jakarta, Rabu (21/3/2018).

Anung menyebut saat ini temuan kasus TB di Indonesia berkisar di angka 400-500 kasus yang telah diidentifikasi. Sementara estimasi penderita TB di Indonesia oleh Kementerian Kesehatan dan Badan Kesehatan Dunia (WHO) sebanyak 1.020.000 orang.

Dari jumlah temuan kasus TB tersebut, sebanyak 300 ribu kasus tidak terlaporkan dan tercatat dengan sempurna sehingga menyulitkan untuk mengetahui penderita TB dengan jenis penyakit dan ketuntasan pengobatan.

Anung menerangkan Kementerian Kesehatan menargetkan 360 ribu temuan kasus TB di fasilitas kesehatan nonpemerintah untuk meningkatkan pencatatan dan perekaman kasus.

Kemenkes juga bekerja sama dengan organisasi kemasyarakatan seperti Fatayat NU, Muslimat NU, serta Aisyiyah untuk membantu menemukan kasus TB dengan mengenali melalui risiko-risiko yang ada.

Kemenkes juga mengupayakan skrining penyakit TB dengan menyasar calon jamaah umrah yang memeriksakan kesehatan di fasilitas layanan kesehatan. Dari sejumlah temuan kasus yang ada saat ini, sebanyak 420 ribu penderita TB sudah menjalani pengobatan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tuberkulosis

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top