Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Orang Tua Zaman Now, Tak Lagi Suruh ART Urus Anak di Rumah

Para orang tua dinilai sering salah kaprah dengan menyuruh asisten rumah tangganya ikut mengurus atau membantu berbagai keperluan anak di rumah.
Yoseph Pencawan
Yoseph Pencawan - Bisnis.com 26 Maret 2018  |  23:47 WIB
Siswa baru mengikuti upacara bendera di SMPN 4 Jakarta pada hari pertama sekolah Senin (15/7/2013). - Antara
Siswa baru mengikuti upacara bendera di SMPN 4 Jakarta pada hari pertama sekolah Senin (15/7/2013). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Para orang tua dinilai sering salah kaprah dengan menyuruh asisten rumah tangganya ikut mengurus atau membantu berbagai keperluan anak di rumah.

Menurut Muhamad Nanang Suprayogi, Akademisi Psikologi di Universitas Binus, perlakuan tersebut adalah berlebihan dan tidak baik untuk perkembangan serta pembelajaran kemandirian bagi si anak.

"Tidak semua pekerjaan di dalam keluarga harus dilakukan oleh asisten rumah tangga, apalagi untuk keperluan anak," ujarnya belum lama ini.

Dia memandang, anak harus diajari kemandirian sehingga banyak pekerjaan di rumah yang perlu dikerjakan sendiri oleh si anak. Orang tua harus yakin bahwa tantangan ke depan hanya akan dapat dimenangkan oleh anak yang memiliki kemandirian.

Kalau sejak kecil si anak sudah dimanjakan dengan asisten rumah tangga (ART), setelah dewasa dia akan mengalami kecenderungan tidak siap menghadapi berbagai persoalan atau tantangan karena memiliki ketergantungan terhadap orang lain.

Karena itu, sejak kecil, pekerjaan-pekerjaan yang bisa dilakukan oleh anak sebaiknya langsung diajarkan kepada si anak.

"Di negara-negara maju, anak sudah diajarkan kemandirian sejak kecil. Seperti soal makan, umur dua tahun si anak sudah disuruh makan sendiri, tidak lagi disuap atau dikejar-kejar saat makan."

Namun, seandainya ada pekerjaan yang belum mampu dikerjakan oleh sang anak, maka perlu diberikan bantuan. Itu pun, seandainya orangtua masih bisa melakukannya, maka akan lebih baik dibantu terlebih dahulu oleh orangtuanya sendiri.  

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

keluarga
Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top