Konser Mariah Carey Jadi Strategi Genjot Wisman Magelang

Sebagai salah satu bentuk promosi ke pada masyarakat internasional, pengelola Candi Borobudur, PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko mengundang Mariah Carey untuk konser di komplek bangunan bersejarah tersebut.
Yustinus Andri DP | 13 April 2018 14:56 WIB
Mariah Carey - Reuters

Bisnis.com, MAGELANG—Sebagai salah satu bentuk promosi ke pada masyarakat internasional, pengelola Candi Borobudur, PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko mengundang Mariah Carey untuk konser di komplek bangunan bersejarah tersebut.

Edy Setijono, Direktur Utama PT TWC mengatakan, konser diva internasional tersebut akan dilaksanakan pada 6 November 2018. Adapun, konser tunggal tersebut mengusung tajuk Borobudur Symphony.

“Harapan kami, konser bertaraf internasional ini akan menjadi ajang promosi yang efektif dalam menarik minat dan perhatian dunia pada salah satu bangunan keajaiban dunia ini, sehingga tingkat kunjungan wisman semakin meningkat,” katanya, Kamis (12/4/2018).

Adapun, Kementerian Pariwisata telah menargetkan tingkat kunjungan wisatawan mancanegara di kawasan Joglosemar (Yogyakarta, Solo, Semarang) 2 juta orang pada tahun ini. Sementara itu, hingga saat ini jumlah kunjungan wisman di kawasan tersebut baru mencapai 600.000 orang.

Untuk itu, lanjut Sertijono, perlu upaya yang lebih besar untuk menarik perhatian dan minat dunia internasional agar mau berkunjung ke tempat-tempat wisata di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tersebut.

Sementara itu, Project Director Borobudur Symphony Palwoto menyebutkan, konser Mariah Carey tersebut ditargetkan akan mampu mendatangkan 7.000 penonton. Konser tersebut rencananya akan digelar di Taman Lumbini yang merupakan area pelataran Candi Borobudur.

“Konser ini nantinya akan menggabungkan antara penampilan atraktif dari Mariah Carey dengan latar belakang Candi Borobudur yang megah. Sehingga dalam pertunjukkan tersebut penonton akan mendapatkan sajian yang komplit,” ujarnya.

Di sisi lain, CEO Rajawali Indonesia Communications Anas Syahrul Alimi mengatakan, informasi mengenai konser Mariah Carey di Candi Borobudur tersebut telah menarik perhatian penggemar diva tersebut dari berbagai belahan dunia.

“Ketika tim media sosial Mariah Carrey mengumumkan jadwal konsernya di Borobudur, banyak penggemarnya yang mulai menanyakan lokasi Candi Borobudur ini. Dari situ mulai kelihatan bagaimana konser menunjukkan posisinya sebagai media diplomasi ke masyarakat dunia,” katanya.

Seperti diketahui, pertunjukkan di Candi Borobudur ini akan menjadi kali kedua bagi Mariah Carey menggelar konser di Indonesia. Sebelumnya, diva yang pernah memenangkan 5 Grammy Awards ini pertama kali menggelar konser di Indonesia pada 15 Februari 2004 di Jakarta Conventio Center (JCC) dalam rangkaian tur Charmbracelet World Tour.

Tag : mariah carey
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top