Dongkrak Popularitas Identitas Bangsa dalam Perhiasan

Budaya Indonesia sangat kaya dan tersebar dari seluruh penjuru tanah air yang sepatutnya dilestarikan dan dikelola secara tepat serta berkelanjutan. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengatakan melalui perhiasan juga dapat menjadi salah satu medium untuk mempopulerkan identitas Bangsa Indonesia.
Asteria Desi Kartika Sari | 19 April 2018 19:12 WIB
Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani memimpin rapat koordinasi tingkat menteri di Kemenko PMK, Jakarta, Kamis (2/11). - ANTARA/Hafidz Mubarak A

Bisnis.com, JAKARTA - Budaya Indonesia sangat kaya dan tersebar dari seluruh penjuru tanah air yang sepatutnya dilestarikan dan dikelola secara tepat serta berkelanjutan.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengatakan melalui perhiasan juga dapat menjadi salah satu medium untuk mempopulerkan identitas Bangsa Indonesia.

"Ini memang sesuatu yang berbeda. Saya berharap ada sesuatu kekhasan yang tidak akan lepas, " kata Puan, Kamis (19/4/2018) dalam peluncuran The Palace National Jeweler Kolaborasi Samuel Wattimena dengan tema Nusantara.

Dia berharap masyarakat dapat semakin menyadari bahwa perhiasan Ibdonesia merupakan dalah satu produk budaya Indonesia yang perlu terus dijaga sebagai warisan budaya yang dapat terus dikembangkan seperti halnya batik.

"Oleh karena itu saya mengajak masyarakat untuk menjadi duta perhiasan Indonesia dengan menggunakan perhiasan berciri nusantara dalam keseharian, dan tidak hanya digunakan sebatas pada acara adat, " jelas Puan.

Pihaknya sangat mengapresiasi langkah The Palace dan Perancang Samual Wattimena yang telah mempopulerkan identitas Bangsa melalui perhiasan yang berciri khas Indonesia.

"Sehingga masyarakat Indonesia dapat memilikinya, dapat disimpan dan dapat diwariskan secara turun temurun, bukan hanya sebagai barang berharga namun juga memiliki arti tertentu, " tambahnya.

 

Tag : fashion
Editor : Bambang Supriyanto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top