ASMIHA 2018, Pakar Jantung Indonesia dan Dunia Kumpul di Jakarta

Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia memfasilitasi penyelenggaraan Annual Scientific Meeting of Indonesia Heart Association atau ASMIHA yang ke-27 pada 19-22 April 2018 di Jakarta.
Yoseph Pencawan | 20 April 2018 19:41 WIB
Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (Perki) Ismoyo Sunu (paling kanan), Ketua Panitia ASMIHA 2018 Amiliana Mardiani (kedua kanan) berbincang sejenak seusai temu pers, Jumat 20 April 2018. - JIBI/Yoseph Pencawan

Bisnis. com, JAKARTA - Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia memfasilitasi penyelenggaraan Annual Scientific Meeting of Indonesia Heart Association atau ASMIHA yang ke-27 pada 19-22 April 2018 di Jakarta.

Menurut Amiliana Mardiani, Ketua Panitia ASMIHA 2018, Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskuler Indonesia (Perki) berharap kegiatan ini dapat merangsang ide-ide penelitian para profesional kesehatan.

"Pada ASMIHA kali ini Perki juga akan menyerahkan IHA Awards 2018 sebagai bentuk apresiasi kepada para dokter spesialis jantung dsn pembuluh darah yang dinilai memberi pengaruh dan menginspirasi," ujarnya saat temu pers ASMIHA 2018, Jumat (20/4/2018).

Dia tuturkan, sama seperti penyelenggaraan ASMIHA tahun-tahun sebelumnya, peserta datang dari berbagai penjuru Tanah Air. Bukan hanya para dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, mereka juga terdiri dari dokter umum dan dokter spesialis lain, seperti internist, neurologist dan ahli bedah jantung. Begitu juga para peserta didik pendidikan dokter spesialis jantung serta para perawat kardiovaskuler.

Mereka pun yakin ASMIHA 2018 dapat membawa "angin segar" bagi para dokter umum karena terdapat sesi diskusi dengan para dokter umum sebagai pesertanya. Diskusi bertajuk Bring Up Your Cases ini dihelat untuk menjadi wadah bagi para dokter umum mempresentasikan kasus-kasus menarik di bidang kardiovaskuler dan mendiskusikannya dengan ahli penyakit jantung.

"Melalui diskusi ini diharapkan para dokter umum akan mendapatkan berbagai informasi pengalaman berharga di lapangan sebagai tenaga kesehatan terdepan dalam melakukan pelayanan kesehatan masyarakat, khususnya kardiovaskuler."

Dia juga menambahkan, karena ASMIHA tahun ini mengutamakan topik-topik mengenai imaging dan ekokardiography serta mengingat banyaknya pakar ekokardiography dunia yang hadir, maka penyelenggaraan acara didahului oleh pre-congress INAecho. INAecho merupakan "Echocardiohraphy Annual Scientific Meeting yang biasanya berdiri sendiri dan berlangsung selama tiga hari.

Tidak kalah penting, ASMIHA kali ini menghadirkan sebuah tema workshop baru, yaitu Workshop on Cardiovascular Health Perspektive in Hajj Istitha'ah". Ini merupakan workshop yang khusus mengulas seleksi medis calon jamaah Haji, sebagai upaya menekan angka kematian jamaah di Tanah Suci akibat penyakit kardiovaskuler.

Tag : dokter
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top