Wanita Karir dan Sering Tak di Rumah, Ada Dampak Positif bagi Anak

Seorang ibu yang sibuk bekerja di luar sehingga tidak memiliki waktu banyak mendampingi anak di rumah tidak melulu berdampak negatif kepada si buah hati.
Yoseph Pencawan | 23 April 2018 19:33 WIB
Ilustrasi - Redbookmag

Bisnis.com, JAKARTA - Seorang ibu yang sibuk bekerja di luar sehingga tidak memiliki waktu banyak mendampingi anak di rumah tidak melulu berdampak negatif kepada si buah hati.

Menurut Nyi Mas Diane, Ketua Koordinator Bidang Pengembangan Sumber Daya Yayasan Bhakti Asdiraa, ibu yang memiliki pekerjaan dan lebih banyak menghabiskan waktu di luar rumah memiliki dampak positif dan negatif terhadap tumbuh kembang anak.

"Seorang ibu yang tidak bekerja atau hanya mengurus anaknya di rumah juga tidak jaminan kelak anaknya menjadi sukses. Misalnya, dia hanya di rumah tetapi tidak merasa bahagia, bisa berdampak buruk terhadap anaknya juga," tuturnya, Senin (23/4/2018).

Sebaliknya, kata dia, seorang ibu yang bekerja serta mempunyai prestasi dan kepuasan dalam berkarir bisa menjadi contoh baik bagi anak-anaknya. Anak-anak yang sudah cukup besar akan mendapat inspirasi dari ibunya bagaimana meraih mimpi dan ambisi.

Seorang ibu yang bekerja cenderung bisa mengajari anak perempuannya untuk meraih apa yang dia inginkan, meskipun seorang wanita. Ibu yang bekerja juga bisa membuat anak-anaknya lebih mandiri karena setiap hari harus berjauhan dari orang tuanya dan cenderung bisa mempersiapkan anak-anaknya dalam menghadapi kehidupan nyata.

"Menjadi tidak manja, memiliki kecerdasan dan ketahanan dan bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri."

Kadang ada ibu saat melihat anaknya memakai tali sepatu mengeluh terlalu lama dan karena ingin cepat malah mengikatkan tali sepatunya anaknya. Anak tidak diajarkan bagaimana memiliki ketahanan karena ketika mengalami sedikit persoalan selalu dibantu. Sedangkan bagi ibu yang bekerja di luar, hal itu jarang dilakukan karena memiliki sedikit waktu di rumah.

Anak-anak yang memiliki ibu bekerja di luar bisa terdidik bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri, sedangkan mereka yang setiap hari didampingi ibunya di rumah selalu diperhatikan sehingga cenderung memiliki ketergantungan.

Selain itu, pendapatan dari kedua orang tua yang bekerja akan membuat anak cenderung lebih bahagia, lebih makmur dan di sekolah menjadi lebih baik karena memiliki emosi lebih positif.

Tag : wanita karir
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top