Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Ini Tantangan Tersulit Penanganan Penyakit Lupus

Sampai sekarang, penyebab penyakit Lupus Eritematosus Sistemik belum diketahui meski ada dugaan faktor genetik, infeksi dan lingkungan ikut berperan pada patofisiologisnya.
Yoseph Pencawan
Yoseph Pencawan - Bisnis.com 06 Mei 2018  |  00:16 WIB
Ini Tantangan Tersulit Penanganan Penyakit Lupus
/Ilustrasi
Bagikan
Bisnis.com, JAKARTA - Sampai sekarang, penyebab penyakit Lupus Eritematosus Sistemik belum diketahui meski ada dugaan faktor genetik, infeksi dan lingkungan ikut berperan pada patofisiologisnya.
 
Penanganan penyakit ini pun tergolong sulit sebab pada keadaan awal serangan Lupus sering sekali sulit dikenali karena memiliki manifestasi atau gejala yang tidak terjadi secara bersamaan.
 
Di samping pada kulit, beberapa gejala lain bisa terdapat pada otot dan tulang, darah, jantung, paru-paru dan ginjal, kendati dokter lebih kerap mengidentifikasinya dari manifestasi yang muncul pada otot dan tulang.
 
"Namun, salah satu tantangan paling sulit dalam pengobatannya adalah bila penyakit ini diiringi sindrom neuropsikiatrik," ujar Ketua Divisi Alergi Imunologi, Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM Iris Rengganis, belum lama ini.
 
Gejala ini menjadi yang tersulit karena melibatkan begitu banyak pola gejala yang berbeda dan beberapa di antaranya mungkin menjadi tanda penyakit menular atau stroke.
 
Adapun gangguan neurologis yang umum dialami penderita Lupus adalah sakit kepala, meskipun kata dia sakit kepala pada kasus penyakit ini masih menjadi kontroversi.
 
Sedangkan manifestasi neuropsikiatrik umum lain dari penyakit ini meliputi disfungsi kognitif, gangguan mood, penyakit serebrovaskuler, kejang polineuropati, gangguan kecemasan, psikosis dan depresi. Dalam beberapa kasus ekstrim terjadi juga gangguan kepribadian.
 
Menurut dia, prevalensi Lupus berbeda pada tiap negara. Namun pada dekade terakhir, terjadi kenaikan kasus yang berobat ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) meski salah satu faktornya adalah kewaspadaan dokter yang meningkat.
 
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan lupus
Editor : Sutarno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top