/Ilustrasi
Health

Ini Tantangan Tersulit Penanganan Penyakit Lupus

Yoseph Pencawan
Minggu, 6 Mei 2018 - 00:16
Bagikan
Bisnis.com, JAKARTA - Sampai sekarang, penyebab penyakit Lupus Eritematosus Sistemik belum diketahui meski ada dugaan faktor genetik, infeksi dan lingkungan ikut berperan pada patofisiologisnya.
 
Penanganan penyakit ini pun tergolong sulit sebab pada keadaan awal serangan Lupus sering sekali sulit dikenali karena memiliki manifestasi atau gejala yang tidak terjadi secara bersamaan.
 
Di samping pada kulit, beberapa gejala lain bisa terdapat pada otot dan tulang, darah, jantung, paru-paru dan ginjal, kendati dokter lebih kerap mengidentifikasinya dari manifestasi yang muncul pada otot dan tulang.
 
"Namun, salah satu tantangan paling sulit dalam pengobatannya adalah bila penyakit ini diiringi sindrom neuropsikiatrik," ujar Ketua Divisi Alergi Imunologi, Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM Iris Rengganis, belum lama ini.
 
Gejala ini menjadi yang tersulit karena melibatkan begitu banyak pola gejala yang berbeda dan beberapa di antaranya mungkin menjadi tanda penyakit menular atau stroke.
 
Adapun gangguan neurologis yang umum dialami penderita Lupus adalah sakit kepala, meskipun kata dia sakit kepala pada kasus penyakit ini masih menjadi kontroversi.
 
Sedangkan manifestasi neuropsikiatrik umum lain dari penyakit ini meliputi disfungsi kognitif, gangguan mood, penyakit serebrovaskuler, kejang polineuropati, gangguan kecemasan, psikosis dan depresi. Dalam beberapa kasus ekstrim terjadi juga gangguan kepribadian.
 
Menurut dia, prevalensi Lupus berbeda pada tiap negara. Namun pada dekade terakhir, terjadi kenaikan kasus yang berobat ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) meski salah satu faktornya adalah kewaspadaan dokter yang meningkat.
 
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yoseph Pencawan
Editor : Sutarno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro