Ini Rahasia Siwak untuk Jaga Kebersihan dan Kesehatan Mulut

Siwak telah digunakan secara luas di kalangan umat Islam sejak zaman nabi Muhammad SAW, untuk membersihkan gigi.
Yoseph Pencawan | 20 Mei 2018 21:09 WIB
Ilustrasi bau mulut - Istimewa
Bisnis.com, JAKARTA - Siwak telah digunakan secara luas di kalangan umat Islam sejak zaman nabi Muhammad SAW, untuk membersihkan gigi.
 
Siwak berasal dari tanaman Salvadore Persica yang tumbuh di sekitar Mekkah dan di Timur Tengah. Beberapa hadits menyebutkan manfaat Siwak dalam menjaga kebersihan mulut.
 
Akan lebih baik bila bahan dan kandungan yang digunakan untuk membersihkan gigi mengikuti ajaran nabi Muhammad SAW, yakni dengan Siwak. Siwak merupakan salah satu bahan alami yang telah lama dipercaya untuk mengatasi masalah-masalah kesehatan mulut dan gigi.
 
"Seperti tertulis dalam hadits riwayat Bukhari, dari Hudzaifah ibnul Yaman Radhiyallahu 'anhu, dia berkata, adalah Rasulullah jika bangun dari malam dia mencuci menggosok mulutnya dengam Siwak," ujar Syifa Fauzia, Ketua Umum Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT), belum lama ini.
 
Penggunaan Siwak juga disinggung dalam hadits shahih riwayat Ahmad yang berkata bahwa Siwak merupakan kebersihan bagi mulut dan keridhaan bari Rabb.
 
Penjelasan beherapa hadits tersebut mencakup setiap alat yang bisa digunakan untuk membersihkan gigi. Jika memang dengan alat tersebut tercapai tujuan kebersihan gigi dan dilakukan dengan niat melaksanakan sunnah Siwak.
 
Dituturkannya, sebisa mungkin umat Islam mengikuti dan mendekatkan diri pada ajaran-ajaran-NYA, termasuk dalam menjaga kesehatan mulut dan gigi.
 
"Ini merupakan bagian penting yang perlu diperhatikan, terutama saat berpuasa."
 
 
 
Tag : Ramadan, bulan puasa
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top