Pro-Kontra Iqbaal Ramadhan Jadi Minke di ‘Bumi Manusia’

Iqbaal Ramadhan kembali bermain film. Kali ini bukan berperan sebagai Dilan, dia didapuk untuk memerankan Minke, karakter yang diadaptasi dari novel 'Bumi Manusia' karya Pramoedya Ananta Toer.
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh | 25 Mei 2018 13:33 WIB
Iqbaal Ramadhan - Instagram@iqbaal.e

Bisnis.com, JAKARTA - Iqbaal Ramadhan kembali bermain film. Kali ini bukan berperan sebagai Dilan, dia didapuk untuk memerankan Minke, karakter yang diadaptasi dari novel 'Bumi Manusia' karya Pramoedya Ananta Toer.

Hal tersebut diungkapkan Falcon Pictures melalui Instagram resmi mereka @falconpictures

"Press Conference pengenalan Cast List #BumiManusia. @iqbaal.e sebagai Minke dan @mawar_eva sebagai Annelies," tulis Falcon Pictures.

‘Bumi Manusia’ adalah buku pertama dari tetralogi karya Pram--panggilan akrab Pramoedya--yang diterbitkan pertama kali oleh Hasta Mitra pada 1980. Buku ini ditulis Pram dalam pengasingannya di Pulau Buru karena dia dicap sebagai komunis pada waktu itu.

‘Bumi Manusia’ bercerita tentang Minke--toko fiktif--anak pribumi beruntung yang dapat mengenyam pendidikan di HBS. Minke sangat pandai menulis dan menyampaikan pesan melalui kata-kata.

Minke yang prihatin akan kondisi masa kolonial lalu tergerak untuk memperjuangkan nasib bangsa Indonesia melalui tulisan agar 'menggema' ke seluruh pelosok negeri. Suasana masa kolonial terkesan 'hidup' dalam buku karya Pram ini.

Sayangnya, terpilihnya Iqbaal kembali menuai kritikan dari para warganet, dalam kolom komentar unggahan foto @falconpictures_ tersebut banyak yang mengatakan ketidaksetujuan mereka di antaranya;

"Sebenernya kalo untuk karakter Minke ini perlu dipikirkan tingkat kematangan aktor nya dlm ber akting...jgn asal yg lagi booming aja :v," tulis akun @apriliaindyy.
"Setiap pembaca Pram pasti punya imajinasi sendiri tentang tokoh. Apalagi Minke dan Annelies yang jadi tokoh sentral. Jadi, sebagai pembaca pram, saya mohon pihak film tetap menghargai karya pram dengan mengedepankan keaslian cerita. Hehee maaf, imajinasiku tentang Minke yang sudah terbangun bertahun-tahun jadi hancur berkeping. Tapi tenang, pembaca Pram tidak akan pernah pergi dari sastra sumbangan Indonesia untuk dunia," tulis akun @ditarrism.

Namun, banyak juga dari penggemar Iqbaal yang tetap menyemangati dan percaya bahwa Iqbal mampu memerankan karakter 'Minke' dengan baik seperti saat dia memerakan 'Dilan'.

"Wahh proyek besar lagi ini si balee.. Tp dia kudu makin waspada cz novel yg diadaptasi udh tingkat tinggi, yg nulis aja pramoedya ananta. Semoga sukses aja lah yaa.. Aamiin... @ltfhnafiatul @pangeswidya@cindykurniawati9 @herjanahputrigayatri," tulis akun @dewi_annisa95

Banyak yang bilang @iqbaal.e gak cocok berperan sebagai minke, tapi lihatlah nanti. Nanti kek dilan 1990 lagi pada bilangnya gak cocok tiba" pada suka," tulis akun @awelsa_

 

Tag : film indonesia
Editor : Nancy Junita
Top