IKA Universitas Sebelas Maret Gelar Ketoprak "Tembanglaras Purakencana"

IKA UNS selenggarakan ketoprak bertajuk "Tembanglaras Purakencana" sebagai ajang kebersamaan atau halal bihalal antar alumni Universitas Sebelas Maret
Aprianus Doni Tolok | 16 Juli 2018 23:16 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Sebelas Maret menyelenggarakan pagelaran ketoprak dengan lakon "Tembanglaras Purakencana" sebagai halal bihalal antar alumni UNS di Jakarta pada Senin (6/7/2018).

Ketoprak ini mengisahkan tentang upaya peredaman konflik akar rumput yang disebabkan ketimpangan sosial dan ekonomi, Raja Negeri Purakencana mengutus puteranya sendiri untuk melaksanakan tugas tersebut.

Sang putera Raja, Pangeran Ranumanggolo berinisiatif meredam konflik fisik dengan menikahi anak demang Banjarmangu yang menjadi daerah sumber pemberontak.

 

 

Alur cerita tersebut sedikit banyak menggambarkan kondisi Indonesia yang masih memerlukan banyak perbaikan. Namun, penyelesaian masalah harus dilakukan dengan bijak atau tanpa kekerasan.

 

 

Selain gelaran ketoprak sarat makna yang dimainkan oleh sejumlah tokoh penting UNS seperti Rektor Ravik K.Arsidi, Dokter Terawan, dan guru besar Sutarno juga menjadi momen pemberian sumbangan beasiswa dari IKA UNS sebesar Rp400 juta kepada pihak kampus guna disalurkan kepada mahasiswa yang kurang mampu.

Tag : seni budaya, uns
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top