Veneer Gigi Harus Dilakukan Spesialis Prostodonsia

Siapapun ingin memiliki gigi sehat, kuat, dan bersih. Akan tetapi hingga saat ini masih ada yang mengabaikan kesehatan gigi dan beranggapan hal tersebut tidak terlalu penting.
Mia Chitra Dinisari | 25 Juli 2018 13:22 WIB
Klinik Gigi - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Siapapun ingin memiliki gigi sehat, kuat, dan bersih. Akan tetapi hingga saat ini masih ada yang mengabaikan kesehatan gigi dan beranggapan hal tersebut tidak terlalu penting.

Padahal, kerusakan gigi dapat mempengaruhi kesehatan tubuh lain yang akhirnya mengganggu aktivitas sehari-hari.

Drg. Donna Pratiwi, Sp.Prosto yang merupakan ahli Veneer Indonesia mengatakan hal yang penting dilakukan orang untuk menjaga kesehatan giginya adalah membersihkan karang gigi secara rutin.

"Ini merupakan hal yang amat dasar dalam perawatan gigi. Karena jika tidak rutin dibersihkan, maka akan membuat gigi berlubang dan masalah gigi lainnya," ujar dokter yang berpraktek di klinik Meridien itu.

Untuk itu, Drg. Donna berkeinginan mewujudkan sebuah misi atau gerakan moril bernama #IndonesiaFreeCaries. Rencananya program ini akan dilaksanakan secara nasional, mulai dari tingkat SD hingga memberikan pelayanan kepada masyarakat umum. Bersama tim #IndonesiaFreeCaries. Drg. Donna akan memberikan pelayanan kesehatan gigi secara massal.

“ Kedepannya masyarakat Indonesia diharapkan memiliki kesadaran penuh akan pentingnya menjaga kesehatan gigi sejak usia dini. Orang Indonesia harus terbebas dari karang gigi yang menjadi cikal bakal gigi berlubang”, ujar dokter lulusan UI tersebut.

Selain masalah karang gigi, dia juga mengimbau masyarakat berhati-hati saat melakukan veneer gigi (teknik pelapisan gigi) yang kini tengah menjadi tren.

Menurutnya, veneer gigi yang baik dan benar untuk kecantikan dan kesehatan gigi. Saat ini, veneer gigi tengah menjadi trend di kalangan selebritis dan sosialita tanah air. Namun, banyak calon pasien yang menganggap veneer gigi hanya urusan kecantikan semata, tanpa perlu penanganan khusus.

Padahal, lanjutnya, veneer gigi kepada pasien harus dilakukan oleh pakar atau dokter gigi spesialis prostodonsia yang berpengalaman.

Menurut Drg. Donna, “saat ini dimasyarakat sering terjadi malpraktek dalam menangani veneer gigi, makanya sering saya sampaikan disetiap kesempatan seminar ketika saya sebagai pembicara, karena yang dirugikan pasien,semoga dengan informasi yang sampai ke masyarakat melalui media tentunya, kedepannya tak ada lagi malpraktek seperti ini”.

Tag : gigi
Editor : Mia Chitra Dinisari
Top