Health

Kenapa Anak Suka Berbohong dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 14 Agustus 2018 - 14:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Anak-anak sering berbohong karena mereka tidak tahu perbedaan antara kebenaran dan kebohongan.

Anak-anak berbohong untuk menyembunyikan sesuatu yang telah mereka lakukan salah dan untuk menghindari konsekuensi negatif.

Mereka mungkin berbohong kepada orang dewasa sesuai dengan situasi mereka, misalnya, jika anak-anak ingin bermain, mereka berbohong tentang pekerjaan rumah mereka.

Orang tua harus membuat anak-anak mereka menyadari bahwa berbohong adalah kebiasaan buruk dan itu akan membuat mereka menjadi masalah.

Mereka harus menjelaskan pentingnya kejujuran dan menjadikannya aturan di dalam rumah. Jika anak-anak mereka sering berbohong, itu benar-benar tantangan yang membuat frustasi bagi orang tua untuk mengatasinya.

Jika kita membuat beberapa penyesuaian dalam gaya pengasuhan, kita dapat dengan mudah memperbaiki masalah ini. Orangtua harus terlebih dahulu menganalisis mengapa anak-anak mereka berbohong dan apa yang membuat mereka berbohong.

Jadi mari kita lihat mengapa anak-anak berbohong dan bagaimana kita dapat mengatasinya dengan mudah.

Teladan

Orang tua adalah teladan bagi anak. Jadi ketika orang tua sering berbohong, mereka akan menirunya dan menganggap hal tersebut adalah hal biasa.

Anak-anak selalu mencoba meniru apa yang mereka tonton, jadi orang tua harus jujur dan menjadi teladan bagi mereka.

Jelaskan Tentang Kebenaran Versus Kebohongan

Jika seorang anak mengetahui perbedaan utama antara mengatakan kebenaran versus berbohong, maka dia tidak akan pernah berbohong dalam hidupnya.

Orangtua harus mengambil langkah-langkah dan menjelaskan konsekuensi dari tidak jujur. Ajarkan anak-anak Anda cara menyeimbangkan kejujuran dengan rasa sayang pada tahap awal; ini adalah keterampilan sosial paling canggih yang harus dipelajari anak mana pun dalam hidupnya.

Berikan Mereka Peringatan

Sebagai contoh, katakanlah, ketika Anda menemukan anak Anda berbohong atau menangkap mereka saat berbohong, beri mereka satu peringatan atau  kesempatan untuk memperbaiki kesalahan mereka. Daripada memarahi anak Anda, minta mereka menceritakan apa yang sebenarnya terjadi. Juga, buat mereka menyadari bahwa jika mereka ditemukan berbohong, maka mereka akan menerima hukuman.

Mencari Bantuan Profesional

Orang tua harus mencari bantuan dari para profesional ketika berbohong menjadi ancaman serius bagi anak-anak mereka. Misalnya, jika seorang anak berbohong dan itu menyebabkan masalah di sekolah, maka segeralah mencari bantuan profesional. Lebih baik untuk menangani masalah pada tahap awal agar kebohongan tidak menjadi lebih parah.

Bedakan Alasan Kebohongan

Ada banyak alasan bagi anak-anak untuk berbohong; orang tua harus membedakan alasan kebohongannya. Ini akan membantu orang tua mengembangkan  rencana untuk menanggapinya. Anak-anak prasekolah sering mengatakan kebohongan fantasi, dalam situasi itu orang tua harus bertanya, "Apakah itu sesuatu yang benar?" Ini akan membuat mereka menyadari perbedaan antara realitas dan fantasi.

Diskusikan Konsekuensi

Ketika anak Anda berbohong, biarkan anak Anda tahu tentang konsekuensi alami dari berbohong. Jelaskan kepadanya bahwa jika Anda berbohong maka sulit bagi Anda untuk mempercayainya, bahkan ketika dia mengatakan yang sebenarnya. Buat dia menyadari bahwa masyarakat atau orang-orang di sekitarnya tidak menyukai orang yang berbohong.

Buat Contoh Yang Baik

Adalah wajar bahwa anak-anak mempelajari segalanya dengan mengamati perilaku orang lain. Anda tidak dapat membuat mereka berhenti berbohong melalui disiplin atau bentuk bimbingan langsung lainnya. Pastikan Anda tidak berbohong di depan anak Anda karena Anda secara tidak langsung atau secara tidak sengaja mengajar anak Anda bahwa berbohong dapat diterima.

Hargai Kejujuran dan Ketulusan

Ketika anak Anda dengan jujur mengatakan yang sebenarnya, hargai dan dorong mereka. Anda tidak tahu seberapa positif situasi ini jika Anda mengagumi anak Anda karena mengatakan yang sebenarnya. Hargai dia dengan kata-kata seperti Anda benar-benar tumbuh dewasa, saya tahu betapa sulitnya bagi Anda untuk memberi tahu saya apa yang sebenarnya terjadi.

Jangan Panggil Anak Anda Pembohong

Ini adalah hal yang paling penting yang harus diingat oleh orang tua karena jika Anda menyebut anak Anda pembohong maka itu akan memiliki dampak yang lama pada mereka. Dia akan memandang dirinya sebagai seorang pembohong dan bertingkah laku dan bertindak sesuai dengan itu. Pernyataan semacam ini akan berdampak negatif pada kehidupan anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Boldsky.com
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro