Ilustrasi/JIBI-Desi Suryanto
Fashion

Kediri Scooter Festival, Ajang Pamer Vespa

Eva Rianti
Selasa, 28 Agustus 2018 - 14:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Setiap tahun, masyarakat Indonesia terkhusus para pecinta vespa merayakan kecintaan mereka terhadap skuter vespa Italia yang ikonik dalam sebuah festival vespa: Kediri Scooter Festival 2018.  

Dilansir dari Reuters, Selasa (28/8/2018), ratusan penggemar vespa di Kediri memamerkan kreasi mereka di festival yang telah berlangsung pada awal Agustus itu. 

Banyak yang memamerkan vespa antik yang dimodifikasi hingga bergaya Mad Max yang dilengkapi dengan senapan mesin palsu, selusin ban ekstra, dan mainan boneka menakutkan sebagai ornamen. 

Ada pula jenis vespa extreme yang didesain menyerupai sepeda monster metalik dari dystopia Hollywood.

Peded, seorang kakek berusia 43 tahun yang telah memodifikasi vespanya sejak 1990-an mengatakan bahwa dirinya menyukai skuternya untuk “menceritakan sebuah kisah”.

“Saya suka menghias Vespa hingga extreme, tetapi saya tidak suka menggunakan sampah,” kata Peded yang memiliki Vespa dengan tanduk kerbau di depannya, menggambarkan suku Tanah Toraja, Sulawesi.

Untuk mengikuti kompetisi di festival ini, setiap kendaraan harus disesuaikan dengan mesin vespa dengan mempertahankan ikon merek, yakni bagian depan skuter yang melengkung. 

Mereka menghias vespa sesuai dengan kemampuan serta anggaran yang dimiliki masing-masing. Ada banyak pula yang hanya mampu membeli besi bekas atau bahan bekas pakai yang ditemukan di tempat barang rongsokan. 

Festival yang berlangsung untuk ketiga kalinya ini merupakan salah satu dari beberapa yang diadakan di seluruh negeri. 

Para penggemar sekaligus peserta festival vespa ini menarik perhatian penduduk sekitar karena desain vespa yang terkesan rumit.

Festival yang karismatik ini dijadikan sebuah pertemuan para pecinta vespa untuk bersenang-senang. 

"Kami independen, tetapi kami berkumpul seperti komunitas," kata Julia Ningsih (19). 

“Vespa extreme, kita tetap bersama. Jika kami kesulitan di jalan, mereka akan menunggu dan membantu kami sampai kami bisa naik lagi," tambahnya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Eva Rianti
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro