Kemiri
Relationship

6 Rempah Indonesia Pernah Jadi Primadona di Dunia

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Rabu, 17 Oktober 2018 - 16:02
Bagikan

Kemiri

Rempah kemiri dengan nama latin Aleuritus moluccana berada di kawasan Indonesia sampai Malaysia. Kemiri adalah rempah yang sangat dibutuhkan dalam masakan Indonesia. kemiri memang bahan yang lazim digunakan dalam masakan Asia, untuk memperkuat rasa dan mengentalkan makanan jenis kari seperti gulai, kari, atau kare, dan untuk sambal.

Kegunaan Kemiri

Cita rasa kemiri memang tidak terlalu kuat sehingga cocok sebagai penambah rasa. Dalam bentuk mentah, atau dibakar sedikit, kemudian ditambahkan ke sejumlah hidangan dalam jumlah kecil, ditumbuk dan dicampur dengan bahan lainnya. Biji kemiri mentah sedikit mengandung racun, berfungsi sebagai pencahar. Minyak kemiri bisa digunakan dalam industri seperti; vernis, produksi sabun, cat, dan pengawet kayu, untuk penerangan, dan kebutuhan medis.

Di Indonesia secara khusus sisa minyak kemiri bisa diolah menjadi makanan ringan bernama dage kemiri. Dalam pengobatan tradisional, biji kemiri digunakan sebagai pencahar, biji yang telah digunakan sebagai obat sakit kepala, demam, bisul, sendi bengkak, dan sembelit.

Kulit pohon kemiri juga bisa digunakan mengobati disentri. Getah pohon kemiri bisa digunakan menyembuhkan sariawan dengan cara dicampurkan santan. Sementara rebusan daun kemiri dioleskan sebagai obat luar untuk sakit kepala dan gonorrhea.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

6 dari 6 halaman
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro