Vihara Dharma Jaya/JIBI/BISNIS-Gloria Fransisca Katharina Lawi
Travel

Keren, 7 Wisata Religi di Sekitar Pasar Baru

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Jumat, 19 Oktober 2018 - 21:04
Bagikan

Vihara Dharma Jaya (Klenteng Sin Tek Bio)

Vihara ini adalah rumah ibadah yang berdiri sejak 1698 di Batavia. Klenteng ini dibangun seiring dengan banyaknya petani-petani Tionghoa yang tinggal di sekitar Kebun Chastelein. 

Kemungkinan besar klenteng ini dibangun oleh petani-petani Tionghoa yang tinggal di tepi kali Ciliwung sekitar Pasar Baru.

Berdasarkan buku sejarah Klenteng Sin Tek Bio, Pasar Baru mulai dihuni orang pada pertengahan abad ke-17, menyusul dibukanya persawahan dan perkebunan kopi di sekitar Lapangan Banteng.

Semakin berkembangnya manusia pada awal abad 18, maka semakin banyak orang kaya yang mendirikan rumah-rumah peristirahatan sekitar Waterloopin alias Lapangan Banteng.

Semula Sin Tek Bio menghadap ke arah Selatan atau terletak di jalan Belakang Kongsi Nomor 16, kini dipakai Mie Aboen. Kemudian, pada 1812 dipindah ke belakang bangunan lama dan menghadap ke utara yaitu menghadap ke Jalan Samanhudi. Dulu disebut gang Tepekong, sekarang dikenal sebagai jalan Pasar Baru Dalam Pasar No. 146, Jakarta Pusat.

Lokasi klenteng yang berada di pusat agar bisa menjadi penetralisir hawa negatif dari kegiatan di pasar. Adapun aura di pasar adalah energi yang negatif, energi panas keduniawian, juga disertai beberapa energi kecurangan dan penipuan dalam perdagangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro