Gereja Pniel/JIBI/BISNIS-Gloria Katharina Lawi
Travel

Keren, 7 Wisata Religi di Sekitar Pasar Baru

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Jumat, 19 Oktober 2018 - 21:03
Bagikan

Gereja PNIEL atau Gereja Ayam

Gereja PNIEL dibangun oleh arsitektur yang sama dengan Gereja Katedral Jakarta yaitu oleh NA Hulswit dari biro arsitektur Cuypers-Hulswit.

Gereja ini berusia 104 tahun namun kondisi perabotannya masih baik. Misalnya, bangku di gereja adalah bangku yang sama sejak pertama kali didatangkaa.

Adapula Alkitab dari Belanda yang berusia 200 tahun serta meja pembaptisan untuk umat yang usianya 350 tahun, nyaris seusia dengan lamanya Belanda menjajah Indonesia.

Gereja ini memakai lambang utama pada puncak atap dengan lambang mata angin berbentuk ayam. Ayam jantan adalah lambang peringatan kepada Petrus yang menyangkal Yesus tiga kali sebelum Yesus disalibkan.

Pada 1856, gereja ini hanya berbentuk kapel. Tujuan pendirian kapel untuk memenuhi kebutuhan ibadah penghuni panti jompo di lingkungan gereja. Namun, pada tahun 1913 gereja ini dipugar, misalnya pada bagian atas dibuat datar, tidak lagi berkubah.

Hal ini guna mencegah adanya kerusakan pada kubah yang sewaktu-waktu bisa terjadi dan membahayakan umat. Gereja ini secara resmi aktif pada 1915, dan kini terletak di Jalan Samanhudi No. 12 Pasar Baru, Jakarta Pusat.

Demikian tujuh lokasi keren yang selama ini mungkin terabaikan di sekitar Pasar Baru. Seusai berkeliling di tujuh lokasi dan belajar jejak sejarahnya, Anda bisa menikmati banyak kuliner yang tersedia di Pasar Baru. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro