5 Makanan untuk Kesehatan Mental

Anda mungkin bisa merasakan banyak kenangan yang mengingatkan pada rumah, melalui rasa dan bebauan makanan.
Gloria Fransisca Katharina Lawi | 22 Oktober 2018 14:19 WIB
Jamu kunyit asam - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Anda mungkin bisa merasakan banyak kenangan yang mengingatkan  pada rumah, melalui rasa dan bebauan makanan.

Berikut 5 contoh makanan yang membantu memperbaiki mood bagi yang memiliki gangguan kesehatan mental dikutip dari Healthline.com:

1. Acorn  Squash

Makanan olahan dengan bahan dasar labu kuning ini sebagai mangkoknya, menurut seorang perancang diet, Jenn Fillenworth mengandung banyak nutrisi dan antioksidan. Magnesium yang terkandung dalam acorn squash membantu mengatasi depresi dan kecemasan. Jenn menyebut sejumlah studi juga membenarkan bahwa magnesium membantu secara signifikan terhadap gejala depresi dan kecemasan.

2.Apel

Jenn menyebut selama beberapa tahun terakhir, para ahli gizi melakukan penelitian bahwa ada efek dari mengonsumsi apel dengan menjaga kesehatan saraf. Kandungan dalam buah apel berfungsi untuk memperbaiki kerusakan sel, menyeimbangkan hormon, dan mengurangi kerusakan oksidan. Semua fungsi itu sangat berkontribusi terhadap kesehatan mental.

3.Labu Kuning

Labu kuning mengandung banyak mineral yang bermanfaat bagi otak. Jenn menyebu labu kuning memiliki kadar lutein dan zeaxanthin yang sangat penting menjaga daya ingat orang pada usia muda sampai usia tua. Biji labu kuning juga bisa dikonsumsi sepanjang tahun karena mengandung asam amino triptoptan yang membantu otak memproduksi serotonin yang berfungsi meningkatkan mood dan secara keseluruhan mengelola stimulus perasaan.

4.Kunyit

Sebagai bagian dari bumbu dapur, kunyit juga berfungsi menurunkan gejala depresi. Kunyit memiliki kadar antioksidan yang kuat dan antipembengkakan jaringan dalam tubuh.

5.Kayu Manis

Wangi yang dihasilkan kayu manis memang menciptakan perasaan yang menenangkan. Kayu manis juga membantu menstimulus otak dan meregulasi kadar gula dalam darah. Kayu manis juga bagus menjadi sebagai penyedap rasa pada sejumlah makanan seperti oatmeal, roti, buah dan sayuran panggang.

Demikian 5 makanan yang bisa memberi manfaat menurunkan gejala gangguan kesehatan mental. Lima makanan ini bisa juga menolong Anda melalui hari-hari yang terasa berat. Selamat mencoba.

Tag : kesehatan
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top