Diabetes/boldsky.com
Health

Waspadai Diabetes Tipe 1 Pada Anak

M. Taufikul Basari, Dewi Andriani
Kamis, 15 November 2018 - 17:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Diabetes tipe 1 atau biasa juga disebut insulin dependent diabetes mellitus merupakan suatu kondisi kronis saat pankreas memproduksi insulin sedikit atau tidak sama sekali.

Diabetes tipe ini tidak bisa dicegah karena penyebabnya bukan dari gaya hidup, melainkan faktor genetik. Selain orang dewasa, diabetes ini juga mengancam anak-anak.

Berdasarkan data dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) jumlah penderita diabetes tipe 1 pada anak usia 0 hingga 18 tahun melonjak 700% selama 10 tahun terakhir. Saat ini terdata 1.213 anak penderita diabetes melitus tipe 1 di Indonesia.

Waspadai Diabetes Tipe 1 Pada Anak

Perawatan dapat membantu kehidupan penderita, namun penyakit ini tidak dapat disembuhkan. Perlu diagnosis medis untuk mengetahui apakah sesorang menderita diabtes tipe 1 atau bukan.

Namun, sejumlah gejala bisa diidentifikasi, seperti rasa haus meningkat, sering buang air kecil, lapar, lelah, dan penglihatan kabur.

Adapun pengobatan bertujuan menjaga kadar gula darah normal melalui pemantauan rutin, terapi insulin, diet, dan olahraga.

Dokter spesialis anak sekaligus Ketua Pengurus Pusat IDAI Aman Bhaktu Pulungan mengatakan bahwa diabetes tipe 1 tidak dapat dicegah dan siapapun bisa mengalaminya. Paling banyak terjadi pada anak usia 5 hingga 14 tahun.

Faktor penyebab diabetes tipe 1 tidak terlalu berkaitan erat dengan gaya hidup tidak sehat, seperti halnya diabetes tipe 2. Beberapa faktor penyebab antara lain kecenderungan genetik, faktor lingkungan, sistem imun yang menurun, dan sel beta pankreas yang peranannya masing-masing terhadap proses diabetes tipe 1 belum diketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro