Begini Caranya Jadi Si Optimis Dalam Segala Keadaan

Ketika kita dikelilingi oleh situasi negatif atau orang-orang yang negatif, rasanya sangat sulit untuk tetap optimistis. Tetapi, bukan berarti tidak bisa, karena menjadi si optimis bisa dipelajari.
Tika Anggreni Purba | 20 November 2018 10:48 WIB
Optimistis. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA — Ketika kita dikelilingi oleh situasi negatif atau orang-orang yang negatif, rasanya sangat sulit untuk tetap optimistis. Tetapi, bukan berarti tidak bisa, karena menjadi si optimis bisa dipelajari.

Jika Anda ingin menjadi orang yang lebih optimistis sekalipun di sekitar Anda ada orang pesimistis, berikut cara-caranya dilansir verywell.com:

1.      Ambil keputusan ingin menjadi si optimis

Semua orang memiliki pilihan dalam hidupnya, apakah menjadi si optimis atau si pesimis. Kalau Anda ingin menjadi si optimis, mulailah dengan mengambil keputusan dalam diri.
 
2.      Hindari orang-orang yang merusak energi positif

Apabila di sekitar kita banyak orang-orang yang tidak menyenangkan bahkan orang beracun, mereka biasanya mengisap energi positif. Hindari orang-orang seperti ini. Buatlah batasan dengan siapa Anda bergaul.
 
3.      Kenali pikiran-pikiran negatif Anda

Untuk mengenali kelemahan diri yang suka berpikir negatif, kita harus tetap realistis. Kenali dan akui bahwa kita memiliki pikiran yang tidak baik dalam diri kita, lalu upayakan untuk mengubahnya.
 
4.      Berikan energi positif pada orang lain

Betul kalau kita tidak bertanggung jawab untuk membuat orang lain senang, tetapi memberikan energi positif pada orang lain tidak akan merugikan Anda. Justru hal itu akan membentuk lingkungan dan keadaan yang positif di sekitar Anda.
 
5.      Bayangkan masa depan yang positif

Hal ini terdengar klise, tetapi memikirkan masa depan yang indah akan membantu Anda untuk lebih optimistis. Ketimbang memikirkan kemungkinan buruk yang mungkin terjadi, mengapa tidak berpikir positif saja?
 
6.      Jalani hidup dengan penuh rasa syukur

Syukur adalah cara terbaik untuk membuat energi positif menguasai diri Anda. Belajarlah bersyukur untuk hal-hal simpel yang Anda terima, dan tersenyumlah!
 
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
inspirasi, Tips Karir

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top