Sebelum Meminjam Uang, Pertimbangkan Hal Berikut

Semakin banyak cara meminjam uang di tengah perkembangan industri financial technology alias fintech yang mempermudah pengguna untuk mendapatkan layanan secara instan.
Newswire | 05 Desember 2018 08:07 WIB
Petugas bank menjelaskan mengenai kredit usaha rakyat (KUR). - Antara/R. Rekotomo

Bisnis.com, JAKARTA - Semakin banyak cara meminjam uang di tengah perkembangan industri financial technology alias fintech yang mempermudah pengguna untuk mendapatkan layanan secara instan.

Konsultan keuangan Imelda Tarigan mengatakan tidak ada rumus pasti dalam mengatur anggaran untuk meminjam uang, karena tiap orang punya gaya hidup dan pertimbangan yang berbeda.

"Secara umum kredit itu 30% dari pendapatan," kata Imelda di acara Kredivo, Jakarta, Selasa (4/12/2018).

Paling penting, ujar Imelda, adalah memastikan seseorang memang mampu untuk membayar jumlah utang. Bila dirasa bisa bertanggungjawab atas keputusan tersebut, jumlah kredit lebih besar bukan masalah.

Faktor kedua adalah tujuan dari utang tersebut. Jika tujuannya untuk kegiatan produktif yang menghasilkan, seperti fotografer berutang untuk membeli lensa baru, tentu sah-sah saja.

"Jangan untuk hura-hura yang kemudian bingung bayarnya bagaimana," ujarnya.

Pada dasarnya, ia mengingatkan tiap orang untuk menyisihkan sebagian penghasilan untuk dana darurat yang tidak boleh diganggu gugat untuk situasi tak terduga.

 

 

Sumber : Antara

Tag : utang, fintech
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top