Fotografi/youtube
Fashion

Berikut Kegiatan Produktif yang Bisa Dilakukan Saat Senggang

Tika Anggreni Purba
Rabu, 5 Desember 2018 - 13:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Ada masanya kita memiliki waktu senggang di antara kesibukan bekerja dan aktivitas lain. Tapi terkadang, kita tidak mengetahui apa yang harus kita lakukan untuk mengisi waktu senggang tersebut.

Pada akhirnya seringkali orang menghabiskan waktu senggangnya untuk hal yang tidak berguna, dan menyia-nyiakan waktu.

Padahal, waktu senggang juga bisa diisi dengan kegiatan yang produktif dan bahkan menyenangkan.

Berikut beberapa kegiatan produktif yang bisa kita lakukan untuk mengisi waktu senggang dikutip dari Lifehack.org:

1.  Memulai hobi baru yang dari dulu Anda inginkan

Siapa bilang waktu senggang akan membosanan? Anda bisa memulai hobi baru yang dari dulu Anda ingin coba. Silakan mencari tahu hobi baru apa yang bisa Anda mulai, misalnya olahraga, memancing, atau mungkin menggambar.

2.  Mengatur kotak masuk e-mail

Hal ini mungkin terdengar tidak menyenangkan, tetapi mengorganisir  e-mail dapat mengurangi stres. Hal ini akan membuat kotak masuk Anda menjadi lebih rapi dan pekerjaan Anda di kemudian hari menjadi lebih produktif.

3.  Mengatur ulang atau memperbarui rencana keuangan

Salah satu cara produktif untuk mengisi waktu senggang adalah mengatur ulang rencana keuangan Anda. Dengan begitu Anda akan menemukan hal-hal baru yang mungkin perlu diperbaiki dari perencanaan keuangan Anda.

4.  Merencanakan aktivitas yang menyenangkan

Jika Anda sebelumnya sudah merencanakan kegiatan yang menyenangkan, gunakan waktu senggang untuk menentukan waktu pelaksanaan kegiatannya. Setelah menentukan waktu, lanjutkan dengan merencanakan rundown dan dana yang diperlukan untuk kegiatan itu.

5.  Mengatur ulang jadwal rutin

Walau tidak semenyenangkan membuat rencana liburan, mengatur ulang jadwal kunjungan ke dokter, konsultasi dengan konselor, atau salon, bisa Anda lakukan untuk mengisi waktu senggang. Atur ulang jadwal Anda selama beberapa bulan ke depan.

6.  Mengikuti kursus online

Dengan banyaknya situs kursus daring masa kini, mencoba kursus singkat akan sangat bermanfaat untuk Anda. Apalagi beberapa kursus online menyediakan free trial. Belajar senang, gratis pula!

7.  Belajar dari YouTube

YouTube tidak hanya menyediakan hal-hal yang mengibur saja. Faktanya, banyak konten di YouTube yang menyediakan video edukasi bahkan kursus gratis.

8.  Menonton film dokumenter

Jika Anda bosan mengisi waktu luang dengan menonton film atau serial, cobalah untuk menonton film dokumenter. Selain menghibur, tayangan dokumenter juga bisa membuat Anda rileks sekaligus mempelajari hal baru.

9.  Cari sumber hiburan yang baru

Anda bisa berselancar di dunia maya untuk menemukan industri, hobi, atau kegiatan baru yang dapat menghibur Anda.

10.   Mempelajari keterampilan baru demi karier

Selain mengikuti kursus online untuk mengisi waktu, Anda bisa memanfaatkannya juga untuk mempelajari keterampilan baru yang diperlukan dalam kemajuan karier Anda.

Selain itu, Anda juga bisa mengisi waktu dengan menjadi relawan. Selain membuat Anda lebih happy, pengalaman relawan akan membuat CV Anda semakin menarik.

11.   Membangun jaringan

Demi karier, membangun jaringan di mana saja adalah sebuah kebutuhan. Jejaring sosial tidak hanya membuat Anda lebih banyak kenalan, tetapi juga membuka kesempatan untuk hobi baru atau peluang baru.

12.   Membuat daftar tujuan hidup yang ingin dicapai

Memikirkan dan merencanakan kembali tujuan jangka pendek maupun tujuan jangka panjang yang ingin Anda capai akan membantu Anda lebih termotivasi untuk menjalani hidup.

 Gunakan waktu senggang Anda untuk melakukan hal ini dan dapatkan motivasi baru untuk melangkah lebih maju dalam segala bidang kehidupan.

13.   Bikin blog

Jika Anda hobi menulis atau ingin belajar menulis, membuat blog adalah langkah awal yang baik. Isilah waktu senggang Anda dengan menulis di blog. Siapa tahu kegiatan ini akan membuat Anda lebih kreatif bahkan menjadi penulis yang sesungguhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro