Ilustrasi/Testube
Relationship

5 Pelajaran Penting Untuk Hidup Lebih Baik

Tika Anggreni Purba
Selasa, 18 Desember 2018 - 16:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Tahun baru akan segera tiba, harapan baru akan kehidupan yang lebih baik pun muncul. Banyak orang mulai mengatur rencana dan harapannya memasuki 2019 ini. Apakah Anda juga begitu?

Orang bijak pernah berkata untuk menjalani hidup dengan lebih baik caranya adalah dengan menganggap hari itu adalah hari terakhirmu.

Pelajaran penting apa yang perlu selalu kita lakukan untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik? Berikut lima pelajaran penting dilansir Psychologytoday.com:

1. Memaafkan

Ada kalanya kita menyimpan kebencian dan dendam pada orang yang bersalah pada kita. Mereka bisa saja keluarga, teman, atau bahkan pasangan kita sendiri.

Tidak memaafkan biasanya membuat kita menyimpan kesalahan orang lain dalam jangka waktu yang lama, sehingga muncul rasa marah, frustasi, dan penolakan setiap kali kita mengingatnya.

Tetapi pelajaran pertama untuk mengubah hidup Anda menjadi lebih baik adalah mengampuni kesalahan orang lain. Pengampunan akan membuat kita menjadi lebih lega dan bahagia.

Memang, kadang kala ada kesalahan yang tidak termaafkan. Walau begitu, berjuanglah memberi maaf, bukan untuk orang tersebut, tetapi untuk kebaikan diri Anda sendiri.

2. Meminta maaf

Sama seperti orang bersalah kepada kita, Anda pun mungkin pernah bersalah pada orang lain yang membuat Anda terus terbelenggu rasa bersalah.

Banyak orang yang gengsi untuk meminta maaf akan kesalahannya sehingga dia semakin terjebak dalam kesalahan itu. Inilah saat yang tepat untuk meminta maaf.

Bukan saja untuk membebaskan Anda dari perasaan bersalah, tetapi juga memperbaiki hubungan yang sempat rusak dengan orang lain karena kesalahan itu.

3.  Ucapkan terima kasih

Pelajaran penting yang ke-3 adalah belajar untuk mengalami dan mengekspresikan rasa syukur. Kita mungkin saja sering mengucapkan “terima kasih” dalam kehidupan sehari-hari, tetapi pernahkah Anda mengambil waktu sejenak dalam kesibukan Anda untuk menghitung berkat dan kebaikan yang Anda sudah terima?

Banyak orang yang hidupnya tidak bahagia karena dia selalu fokus kepada apa yang tidak dimilikinya dari pada bersyukur dengan apa yang dimilikinya. Bersyukur dan berterima kasih untuk hal-hal baik dalam hidup akan membuat kita lebih bahagia.

4. Cinta

Cinta adalah kekuatan yang sangat besar dalam hidup kita. Sayangnya banyak orang yang mengabaikan penting cinta dan kasih sayang itu. Hal ini membuat kita jarang mengekspresikan cinta dan kasih sayang terhadap orang-orang yang kita kasihi. Untuk hidup lebih bahagia, jangan abaikan cinta untuk orang-orang yang Anda cintai.

5.  Menerima perpisahan

Tidak ada orang yang senang dengan kata perpisahan atau selamat tinggal, tetapi inilah kenyataan dalam hidup. Ada orang yang datang dan pergi, sehingga ada waktunya kita harus berpisah.

Entah itu karena kematian maupun perpisahan yang disengaja. Kita harus bersiap untuk mengucapkan selamat tinggal ketika waktunya tiba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro