14 Tanda Hubungan Sehat dan Pasti Langgeng

Tujuan jangka panjang dalam hubungan percintaan adalah hubungan yang sehat dan bahagia.
Tika Anggreni Purba | 27 Desember 2018 16:02 WIB
Ilustrasi - Livescience

Bisnis.com, JAKARTA—Tujuan jangka panjang dalam hubungan percintaan adalah hubungan yang sehat dan bahagia.

Namun kenyataannya, menjadi pasangan yang bahagia dengan hubungan yang terawat dengan baik tidak semudah mengucapkannya.

Tentu, untuk mendapatkan hubungan yang sehat dan bahagia, hubungan itu perlu dirawat. Pemeliharaannya harus disertai oleh keinginan dan usaha dari kedua pihak. Dalam prosesnya mungkin saja ada cerita suka dan duka, tetapi kekuatan cinta akan mengalahkan semuanya.

Apakah yakin hubungan Anda dan pasangan sudah termasuk dalam kategori hubungan yang sehat? Jika belum yakin, silakan perhatikan 10 ciri hubungan yang sehat dilansir Psychologytoday.com berikut ini:

1. Kesamaan prinsip

Anda dan pasangan memiliki kesamaan dalam nilai/prinsip dasar dan tujuan hidup. Anda berdua mengetahui apa yang kalian inginkan dalam hidup, seperti apa tujuan hidupnya, dan seperti apa menjalani kehidupan. Dalam hubungan yang sehat ada keinginan dan harapan untuk menjalani dan meraih tujuan itu bersama.

2.  Saling percaya

Terdapat rasa saling percaya yang kuat satu dengan lainnya. Secara terbuka, Anda dan pasangan menceritakan segala sesuatu tanpa rahasia, cerita yang baik bahkan yang buruk.

3. Menjadi diri sendiri  

Anda tidak menjadi orang lain ketika bersamanya, dan begitu juga dengannya. Hal ini sangatlah penting. Tanpa menjadi diri sendiri dalam hubungan, Anda akan terus hidup dalam kepalsuan.

4.  Quality time

   Anda dan dia menyediakan waktu berkualitas bersama untuk memelihara perasaan saling membutuhkan dan bergantung satu dengan lainnya.

5. Saling mendukung

Anda dan pasangan berada dalam hubungan yang sehat ketika Anda saling mendorong satu dengan lainnya untuk bertumbuh dan berubah. Dengan kata lainnya, kalian berdua saling menginspirasi untuk menjadi orang yang lebih baik.

6. Komunikasi

Adanya komunikasi dan penerimaan yang baik dari pasangan kepada pasangannya. Melalui hal ini, keterbukaan dan saling menopang akan terbangun pelan-pelan. Pasangan yang baik juga selalu mau belajar untuk mendengar pasangannya.

7. Saling menghargai

Pasangan saling menghargai satu dengan lainnya tanpa memperpanjang masalah ketika ada perselisihan. Dalam hubungan yang sehat ada level pengertian dan penerimaan yang sangat tinggi.

8. Menghormati perbedaan

Hubungan yang sehat selalu mengedepankan sikap saling menghormati perbedaan satu dengan lainnya. Perbedaan bukan saja soal suku misalnya, tetapi juga perbedaan cara pandang, pilihan makanan, bahkan pilihan politik.

9. Saling pengertian

Anda dan pasangan merasa aman membicarakan kebutuhan dan keinginan pribadi. Anda berdua mengatur waktu untuk berbincang mengenai kebutuhan sebagai pasangan, tetapi menyediakan waktu juga untuk membicarakan kebutuhan sebagai individu. Dalam hubungan yang sehat juga terjalin saling pengertian.

10.  Diskusi sehat

Sekalipun ada perbedaan pendapat, Anda dan pasangan selalu berupaya agar perbedaan itu tidak menjadi pertengkaran, tetapi diskusi yang membangun.

11.  Ekspektasi realistis

Pada hubungan yang sehat, ada ekpektasi yang realistis terhadap hubungan. Anda dan pasangan tidak membangun hubungan dalam fantasi atau dongeng percintaan. Menjalin hubungan berarti menghadapi orang yang sama kompleksnya dengan diri Anda, dan Anda berdua memahami hal ini.

12.  Teamwork

Kontribusi pasangan baik suami atau istri adalah sepadan dan adil dalam segala keadaan. Masing-masing Anda dan pasangan memberikan kontribusi untuk kekuatan ‘tim’ dalam hubungan yang sehat.

13.  Menghargai keluarga pasangan

Masing-masing pasangan saling menghormati dan menghargai keluarga, kerabat, dan teman-teman pasangan.

14.  Memelihara cinta

Dalam hubungan yang sehat terdapat kepedulian, kebaikan, dukungan, empati, dan cinta yang terus dibangun dan dipelihara. Tidak ada ruang untuk kasar, tega, cemburu buta, penghinaan, menyalahkan, kritik tidak membangun, penghakiman, apalagi kekerasan fisik dan emosional.

Tag : tips cinta
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top