Jangan Pertahankan Hubungan yang Tidak Sehat, Ini 10 Cirinya!

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya sedang terjebak dalam hubungan yang tidak sehat.
Tika Anggreni Purba | 27 Desember 2018 18:33 WIB
Pertengkaran - boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA—Banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya sedang terjebak dalam hubungan yang tidak sehat.

Hal ini terjadi karena salah satu pasangan umumnya memiliki kekuasaan dan kontrol yang lebih dalam hubungan.

Sayangnya, hubungan yang tidak sehat akan membawa problem dalam kehidupan seseorang sebagai individu. Hubungan yang tidak sehat dapat berakhir dengan kekerasan, bahkan hal-hal buruk lainnya yang tidak diinginkan.

Apa saja yang menandakan hubungan tidak sehat? Joinonlove.org merilis 10 ciri hubungan tidak sehat berikut ini:

1. Cinta terlalu ekstrem

Dalam hubungan yang tidak sehat, terdapat perasaan yang sangat ekstrem. Hal ini ditandai dengan perilaku berlebihan untuk menunjukkan rasa cinta. Pasangan yang sangat berlebihan menunjukkan cinta biasanya menjadi posesif, terburu-buru dalam hubungan, dan terobsesi dengan Anda.

2. Cemburu yang tidak sehat

Sesungguhnya tidak ada yang salah dengan kecemburuan. Ini adalah hal yang natural dialami setiap pasangan. Akan tetapi, cemburu yang tidak wajar adalah kecemburuan yang disertai dengan ancaman.

Hal itu dilakukannya untuk mengendalikan Anda, contohnya ketika Anda chatting dengan rekan Anda, dia merasa sangat terancam dan menuduh Anda selingkuh.

3.  Manipulatif

Ketika pasangan berusaha untuk memengaruhi keputusan, tindakan, atau emosi Anda dengan cara yang halus, itulah yang dinamakan dengan manipulasi.

Hal ini tidak mudah dikenali karena pasangan bisa membuat Anda merasa nyaman dengan sifat manipulatif yang sebetulnya bertujuan untuk mengikat Anda.

4. Menjauhkan Anda dari orang lain

Hubungan yang tidak sehat membuat Anda semakin terasing dari keluarga, teman, atau orang lain. Pasangan dalam hubungan ini sering membatasi ruang gerak Anda dan tidak mengizinkan Anda memperluas pergaulan. Dia bersikeras bahwa Anda hanya harus menghabiskan waktu berdua dengannya sepanjang waktu.

5. Sabotase

Ada pasangan yang dengan sengaja merusak reputasi, prestasi, dan kesuksesan Anda. Dengan sengaja dia membuat Anda terlihat buruk atau menyabotase prestasi Anda, misalnya menggangu pekerjaan Anda agar karier terhambat, membuat Anda tidak produktif dalam bekerja, atau menyebarkan rumor tentang Anda.

6.  Mengecilkan

Hubungan yang tidak sehat membuat Anda merasa tidak berharga. Hal ini terjadi karena pasangan cenderung mengecilkan dan tidak menghormati Anda. Cara-caranya sangat halus, misalnya dengan mengomentari pakaian Anda, bahkan berkomentar sinis mengenai kepribadian Anda.

7. Menyalahkan

Pasangan yang sering membuat Anda merasa bersalah atau bertanggung jawab terhadap tindakannya menandakan ada yang salah dalam hubungan Anda. Ketika dia tidak bahagia, dia meletakkan semua beban kesalahan pada Anda. Dalam hal ini, dia tidak segan-segan mengancam Anda.

8.  Ada perubahan suasana hati yang cepat

Apabila pasangan Anda berubah begitu cepat dalam satu waktu, patut dicurigai. Reaksi berlebihan saat dia gembira dan sedih membuat Anda harus berhati-hati dalam berhadapan dengannya.

9. Tidak bertanggung jawab

Pasangan dalam hubungan yang tidak sehat sering membuat alasan untuk menutupi kesalahannya. Dia bisa saja menyalahkan Anda, orang lain, atau hal lain atas perilaku yang buruk.

10. Terjadi pengkhianatan

Hubungan yang tidak sehat ditandai dengan pasangan yang sering berbohong, sengaja meninggalkan Anda tanpa kepastian, cenderung menyembunyikan sesuatu, bersikap tidak sama dengan biasanya, bahkan selingkuh dan mengkhianati kepercayaan Anda.

Tag : tips cinta
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top