Ilustrasi/newsread.in
Relationship

6 Cara Menjadi Lebih Suportif Bagi Orang Lain Pada Masa yang Sulit

Tika Anggreni Purba
Senin, 31 Desember 2018 - 02:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Dalam hidup ini akan selalu ada masa-masa sulit di mana orang-orang terdekat yang kita cintai membutuhkan dukungan dari kita. Masa-masa sulit seperti kehilangan, bangkrut, patah hati, masalah mental, dukacita dan lain-lain merebut kebahagiaan orang-orang yang Anda kasihi.

Dalam masa-masa sulit itu, ada kalanya mereka sebenarnya tidak membutuhkan bantuan kita dalam bentuk materi, tetapi kehadiran, dukungan, dan dorongan.

Untuk menghadapi kesulitan mereka,  kita perlu menjadi lebih suportif. Bagaimanapun, ketersediaan dukungan sosial dari orang lain akan menolong mereka untuk bangkit.

Berikut ini 6 cara menjadi lebih suportif untuk orang-orang terdekat, seperti keluarga, teman, rekan kerja, atau siapa saja yang ingin kita dukung dalam masa-masa sulitnya:

1. Bersedia untuk mendengarkan

Orang yang sedang berada dalam masa sulit, membutuhkan telinga orang lain untuk mendengarkan keluh kesahnya. Untuk mendukung orang tersebut, sediakanlah diri dan waktu Anda untuk mendengar mereka. Terlepas Anda akan memberi nasihat atau tidak,  pastikan mereka mengetahui bahwa Anda ada di sampingnya dan bersedia untuk mendengar.

2. Memberikan saran dan nasihat yang membangun

Ketika Anda dimintai bantuan berupa nasihat atau saran dari mereka, bersedialah untuk memberikannya. Nasihat atau saran yang diberikan di kala mereka meminta akan sangat membantunya untuk menghadapi masa sulit. Sebaliknya, tidak perlu memberikan saran atau nasihat panjang lebar ketika mereka tidak memintanya.

3. Tunjukkan cinta dan kasih sayang

Kasih sayang adalah obat yang bisa meringankan penderitaan orang-orang yang tengah mengalami masa sulit. Dukungan emosional ini bisa ditunjukkan melalui perhatian, pelukan, bahkan sorakan untuk membangkitkan semangatnya.

4. Bantuan materi

Apabila Anda mampu untuk memberikan bantuan lain selain dukungan emosional, silakan lakukan hal tersebut. Kalau orang tersebut dalam kesulitan ekonomi, bantuan dana akan sangat diperlukan olehnya. Anda bisa memilih untuk membantunya memenuhi kebutuhan hidup atau hal-hal lain yang Anda bisa lakukan untuk meringankan bebannya.

5. Dukung dia untuk mengambil keputusan

Orang tersebut mungkin membutuhkan Anda lebih dari sekadar mendengar dan memberi nasihat. Cobalah dengan sabar untuk menolong dia merencanakan langkah-langkah yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah. Apabila dia merasa sulit untuk menentukan sebuah keputusan, pastikan kehadiran Anda menolongnya tetap maju.

6. Jadilah orang yang bisa dipercaya

Ketulusan Anda dalam mendukung orang lain akan membuat Anda menjadi sosok yang bisa dipercaya. Karena itu apabila mereka bercerita, berkeluh kesah, dan berbagi rahasia pada Anda, pastikan untuk tidak membocorkannya pada orang lain dan jadilah orang yang dapat dipercaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro