4 Resolusi Penting yang Harus Dilakukan di Tahun Baru

Akhir tahun telah tiba! Saatnya memikirkan rencana dan harapan baru yang ingin diraih untuk memulai tahun yang baru. Resolusi yang baik tidak perlu muluk-muluk, yang penting dapat membawa kebaikan dalam kehidupan Anda.
Tika Anggreni Purba | 31 Desember 2018 14:59 WIB
Ilustrasi pesta kembang api. - REUTERS/Luisa Gonzalez

Bisnis.com, JAKARTA—Akhir tahun telah tiba! Saatnya memikirkan rencana dan harapan baru yang ingin diraih untuk memulai tahun yang baru.

Resolusi yang baik tidak perlu muluk-muluk, yang penting dapat membawa kebaikan dalam kehidupan Anda.

Menurut Psychologytoday.com, ada 4 kategori resolusi ideal yang bisa Anda pilih demi hidup yang lebih bermakna. Resolusi ini tidak hanya berguna dalam jangka pendek, tetapi juga jangka panjang kehidupan Anda.

1. Peduli pada diri sendiri

Anda bisa merumuskan resolusi seperti lebih rutin berolahraga, lebih banyak makan sayur, dan tidur yang cukup. Hal ini terlihat sepele, tetapi sebenarnya banyak orang yang gagal melakukannya dengan alasan kesibukan dan tidak sempat.

Perbaikan kualitas kesehatan merupakan bukti dari kepedulian terhadap diri sendiri. Anda perlu menjaga kesehatan Anda untuk mencapai rencana-rencana besar lainnya. Pastikan untuk lebih peduli pada diri Anda sebagai bagian dari resolusi tahun baru.

2. Memberi lebih banyak

Setelah peduli kepada diri sendiri, kini waktunya untuk lebih peduli pada orang lain. Pikirkan resolusi yang bisa membuat Anda memberi lebih banyak pada tahun ini. Pemberian itu tidak selalu berupa uang, misalnya memberikan waktu yang berkualitas untuk teman atau keluarga. Selain itu Anda bisa mulai belajar menyisihkan uang untuk amal dan sosial. 

Tidak banyak orang membuat resolusi untuk ‘memberi lebih banyak’ karena dia tidak mengetahui manfaat besar dari memberi. Padahal dengan memberi, seseorang bisa merasakan bahagia dan sejahtera. Hal ini terjadi karena saat memberi, kita dapat merasakan kehangatan, kebaikan, dan ketulusan. Semua emosi positif ini bermanfaat bagi keseimbangan hidup kita.

3. Menyelesaikan lebih banyak

Apabila selama ini Anda merasa melangkah sangat lambat, inilah saatnya melangkah maju lebih cepat. Salah satunya adalah dengan membuat resolusi untuk bekerja lebih baik dan lebih banyak.

 Jika Anda seorang pelajar, belajarlah lebih tekun. Jika Anda bekerja, berjuanglah lebih keras. Jika Anda memiliki utang, menghematlah segera. Jika Anda banyak menghabiskan waktu untuk online, cari aktivitas lain yang lebih bermanfaat.

Pikirkan dan lakukan hal-hal bermakna yang menolong Anda untuk bertumbuh lebih baik setiap hari.

4. Lakukan hal yang menyenangkan

Resolusi tahun baru sering dibuat sangat serius dan kaku sehingga kita melupakan hal-hal yang menyenangkan. Pikirkan resolusi yang dapat membuat Anda merasa senang di kemudian hari misalnya liburan, melakukan hobi, bertemu dengan orang-orang yang menyenangkan, dan lain-lain.

Untuk empat kategori di atas, Anda bisa menerjemahkannya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing.

Tag : resolusi
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top