Singkirkan Sikap Negatif dengan Cara Berikut Ini

Sikap negatif biasanya membawa kita kepada penyakit masa bodoh. Inilah juga yang menyebabkan orang yang menyikapi hidupnya secara negatif umumnya tidak peduli pada dirinya sendiri, maupun pada orang lain.
Tika Anggreni Purba
Tika Anggreni Purba - Bisnis.com 02 Januari 2019  |  14:08 WIB
Singkirkan Sikap Negatif dengan Cara Berikut Ini
Tertawa - boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA—Sikap negatif biasanya membawa kita kepada penyakit masa bodoh. Inilah juga yang menyebabkan orang yang menyikapi hidupnya secara negatif umumnya tidak peduli pada dirinya sendiri, maupun pada orang lain.

Tentu belum terlambat untuk mengubah sikap itu saat ini. Pola pikir, sikap, dan perilaku negatif dapat diubah dengan tindakan yang positif. Berikut ini beberapa cara untuk mengubah sikap hidup negatif, dilansir dari Psychologytoday.com:

1. Kurangi sifat menyalahkan

Sering kali kita berpikir terhadap sesuatu hal dengan cara pandang yang sempit. Pola pikir yang seperti ini membuat kita cenderung menyalahkan apa yang bisa disalahkan ketika sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginan kita terjadi.
Coba selidiki diri Anda ke belakang, apakah Anda sering mengembangkan pikiran yang seperti ini? Anda perlu membuka pikiran Anda lebih luas lagi.

2. Membicarakan hal positif pada diri sendiri

Apabila Anda selalu berbicara secara negatif kepada diri sendiri, otomatis sikap Anda juga negatif. Karena itu upayakan untuk selalu berbicara positif pada diri sendiri untuk membangkitkan semangat Anda untuk diri sendiri.
Pernyataan yang positif akan menolong Anda untuk berkonsentrasi pada kekuatan Anda, bukan pada kelemahan Anda.

3. Jadilah agen perubahan

Menjadi agen perubahan berarti secara aktif terlibat dalam berbuat sesuatu. Jangan jadikan diri Anda sebagai korban yang membuat Anda selalu pasif. Sebaliknya, Anda adalah agen yang dapat mengubah diri sendiri. Apabila Anda secara aktif membuat perubahan dalam diri Anda, respons Anda akan kehidupan akan berubah juga.

Untuk mengubah diri sendiri Anda mungkin memerlukan mentor atau pertolongan orang lain, karena itu jangan enggan untuk meminta bantuan.

4. Berani bermimpi besar dengan ekspektasi yang realistis

Anda boleh bermimpi besar terhadap masa depan Anda. Akan tetapi jangan lupa membuat ekspektasi yang realistis. Sikap yang negatif sering timbul dari ekpektasi yang tidak sesuai dengan kenyataan. Kendali pikiran Anda ada di tangan Anda sendiri, pastikan untuk mengontrolnya dengan bijaksana.

5. Ubah pikiran negatif menjadi pertanyaan

Jika Anda memiliki pikiran negatif, cobalah untuk mengubahnya menjadi pertanyaan. Hal ini akan menolong Anda untuk berpikir lebih terbuka untuk menjawab pertanyaan Anda sendiri.

Misalnya, ketika Anda berpikir “pasti ada yang salah dalam diriku”, ubah menjadi “langkah apa yang harus kutempuh untuk memperbaiki diri?” atau “saya benci melakukan pekerjaan ini,” ubah menjadi “bagaimana caranya agar pekerjaan ini cepat selesai.”

6. Tertawalah

Kita akan bersikap dan bertindak lebih negatif ketika kita marah dan sedih. Karena itu cobalah untuk mengendalikan diri Anda dengan lebih banyak tertawa dan merasa senang. Bertemu dengan orang yang lucu, menonton siaran komedi, dan lain-lain dapat Anda lakukan untuk memperbaiki suasana hati.

7. Kontrol emosi

Emosi Anda bukanlah ilusi yang bisa Anda abaikan. Jika Anda merasakan emosi tertentu, ekspresikanlah! Tetapi jangan lupa untuk mengontrolnya sebaik mungkin. Ingat, mengontrol bukan berarti menyembunyikan emosi atau menutupi perasaan Anda.

8. Pikirkan dan lakukan hal-hal baik

Pikiran dan emosi yang terkontrol dengan baik akan menciptakan polanya sendiri dalam diri Anda. Setelah itu Anda akan terbiasa untuk memikirkan dan melakukan hal-hal yang baik demi diri Anda sendiri. Kelilingi diri Anda dengan orang-orang baik, kegiatan yang baik, dan kebiasaan yang membangun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
negatif, tips bahagia

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top