Berikut Langkah yang Seharusnya Dilakukan Ketika Hidup dalam Kesulitan

Nyatanya, kehidupan tidak selalu berada pada posisi yang menyenangkan. Berbagai faktor bisa menjadi penyebab kesedihan, mulai dari hancurnya hubungan, karier yang berantakan, bahkan keadaan-keadaan lain yang membuat kewalahan.
Tika Anggreni Purba | 03 Januari 2019 19:20 WIB
Ilustrasi - Thegrindstone

Bisnis.com, JAKARTA--Nyatanya, kehidupan tidak selalu berada pada posisi yang menyenangkan. Berbagai faktor bisa menjadi penyebab kesedihan, mulai dari hancurnya hubungan, karier yang berantakan, bahkan keadaan-keadaan lain yang membuat kewalahan.

Terkadang, semua persoalan ini menimbulkan sikap mengasihani diri sendiri (self pity)

Umumnya, hanya orang-orang yang kuat secara mental yang mampu mengatasi hal ini dengan bijaksana. Mereka tidak membiarkan dirinya terjebak dalam sikap mengasihani diri sendiri berlama-lama.

Bersedih boleh, tetapi hidup dalam kesedihan tidaklah bijak. Kesulitan dan kesedihan seharusnya bisa dijadikan pijakan untuk bangkit. Berikut ini cara untuk berhenti mengasihani diri sendiri dalam kesulitan, dilansir Psychologytoday.com:

1. Menghadapi perasaan dan emosi dengan jujur

Apakah ada perasaan duka, kecewa, bahkan kesepian? Ketika bersedih, izinkan diri Anda mengalami emosi dan perasaan itu dengan jujur. Jangan berpura-pura kuat ketika Anda sedang lemah. Jujur terhadap perasaan sendiri akan menolong Anda untuk menghadapi kesulitan dengan lebih realistis.

2. Membatasi diri

Kekuatan mental seseorang dapat terlihat saat dia mampu membatasi waktu dan dirinya untuk bersedih terlalu lama. Ketika kesedihan sudah membawanya kepada kebiasaan dan pikiran yang negatif, dia memilih untuk berhenti.

3. Menguji persepsi diri

Kondisi emosi Anda mempengaruhi pikiran dan persepsi terhadap kenyataan. Ketika mengasihani diri sendiri, Anda hanya akan fokus kepada hal-hal buruk yang sedang terjadi dalam hidup Anda. Itulah sebabnya untuk mengatasi hal ini Anda perlu menguji kembali persepsi Anda, jangan-jangan Anda sedang terjebak dalam lingkaran pikiran yang negatif.

4. Mengubah pikiran negatif melalui tindakan positif

Kesedihan biasanya diliputi dengan pikiran negatif. Untuk mengatasi ini, sebaiknya lakukan tindakan positif yang akan mengalahkan pikiran-pikiran negatif tersebut.

5. Berusaha untuk tetap produktif

Setiap kali Anda mengasihani diri sendiri, sama artinya Anda menunda pencarian solusi selama 60 detik. Hal ini berarti, mengasihani diri sendiri merupakan kegiatan yang membuang waktu Anda yang berharga. Dari pada mengasihani diri sendiri, mengapa tidak lakukan aktivitas lain saja?

6. Belajar bersyukur

Memang sangat sulit untuk bersyukur ketika kita cenderung menghasihani diri sendiri. Akan tetapi perlu diketahui, mengasihani diri sendiri merupakan pikiran yang bisa diubah menjadi rasa syukur. Cobalah untuk menghitung kebaikan dalam hidup Anda yang bisa disyukuri.

7. Menolong orang lain

Salah satu cara untuk berhenti mengasihani diri sendiri adalah dengan menolong orang lain yang kurang beruntung. Anda akan melupakan kesulitan sendiri ketika dihadapkan dengan kondisi orang lain yang lebih menyedihkan. Cobalah pergi ke tempat di mana orang lain lebih membutuhkan Anda.

8. Tidak mengeluh

Mengeluh dalam kesulitan hanya akan memperburuk keadaan. Oleh karena itu, sebaiknya kurangi bahkan jangan mengeluh sama sekali. Mengeluh tidak akan membuat keadaan Anda menjadi lebih baik.

9.  Tetap optimis

Terkadang, permasalahan hidup sulit untuk dicegah atau diatasi. Keadaan-keadaan seperti kehilangan orang yang dicintai dan bencana alam harus dihadapi. Tetapi, jangan biarkan situasi tersebut merenggut harapan Anda. Untuk bisa bertahan, kita perlu tetap optimis.

Tag : tips bahagia
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top